13 Des 2019

2019, Sulbar Posisi ke 15 Indeks KUB

Kominfo Sulbar -- Wakil Gubernur Sulbar , Enny Anggraeni Anwar membuka secara resmi acara Dialog Kebangsaan Antar Umat Beragama, yang berlangsung di Maleo Town Square (Matos) Mamuju, Kamis 12 Desember 2019.

Kegiatan yang diselenggarakan Forum Kerukunan Umat Beragama (FKUB) Sulbar, mengusung tema "Merawat Indonesia, Merangkai Mozaik Nusantara".

Dalam sambutannya, Wakil Gubernur Sulbar Enny Anggraeni Anwar mengugkapkan, berdasarkan data dari Litbang dan Diklat Kementerian Agama (Kemenag), Sulbar menempati posisi ke-15  dari 16 provinsi yang memiliki skor indeks Kerukunan Umat Bergama (KUB) 2019 di atas rata-rata nasional dengan nilai 74,1 persen.

"Terima kasih kepada FKUB, tentu mempertahankan ini lebih berat daripada mencapainya. Semoga kita dapat mempertahankannnya, kalau bisa lebih jauh di atas rata-rata nasional."harap Enny

Selain capaian itu, Sulbar juga meraih penghargaan Harmony Award 2019 dari Kemenag RI. Dimana menurut Enny, hal itu merupakan bukti simbolik dari pemerintah pusat yang telah memberikan penilaian secara objektif terhadap kondisi sosial keagamaan di Sulbar.

Disampaikan, capaian tarsebut merupakan dampak positif dari kontribusi yang telah diberikan FKUB Sulbar selama ini.

"Dengan hadirnya FKUB di daerah ini, terbukti telah memberikan kontribusi positif terhadap upaya merawat kerukunan di Sulbar."kata Enny

Masih kata Enny, banyaknya perbedaan baik suku, ras, etnik maupun agama di Sulbar, tentu memiliki sisi positif sekaligus negatif. Dari sisi positif kemajemukan itu berpotensi menjadi wadah perekat atau disebut mozaik nusantara. 

"Kita tidak boleh lengah dengan kemajemukan itu, sebab tidak menutup kemungkinan bakal menjadi alat pemicu perpecahan dan konflik sosial."pungkas Enny

Enny berpesan, agar seluruh komponen majelis agama kiranya terus menggaungkan pencerahan di tengah-tengah umat, sekaligus senantiasa memberikan pesan kesejukan dan kedamaian, demi kemajuan Sulbar yang malaqbi.

 "Kita ingin agar Sulbar ini dijauhkan dari berbagai ancaman diintegrasi bangsa, baik berupa radikalisme, teroris, narkoba serta bentuk-bentuk kriminalitas lainnya."harapnya

Melalui forum itu, Enny menegaskan, pemerintah tidak akan membiarkan para pemimpin majelis agama-agama berjalan sendiri, namun pemerintah akan terus hadir memberi dukungan, sebab itu merupakan bagian tidak terpisahkan dari cita-cita besar bersama, bahwa Sulbar mesti tetap berdiri tegak dalam keragaman dan persamaan.

Ketua FKUB Sulbar Sahabuddin Kasim mengatakan,  kegiatan itu dilaksanakan untuk lebih mempererat hubungan antar umat beragama di Sulbar.

"Kita dari tokoh-tokoh agama berkewajiban membangaun kerukunan bergama dalam rangka mencapai kehidupan masyarakat yang damai."ungkap Sahabuddin

Untuk mencapai kedamaian hidup, kata Sahabuddin, yang harus dilakukan terlebih dahulu adalah menciptakan kedamaian pada intern umat beragama itu sendiri.

Ia menambahkan, salah satu kekuatan luar biasa di Indonesia ada pada tokoh-tokoh agama, dimana telah bersepakat untuk bergandengan tangan menjalankan visi misi yang sama membangun kerukunan hidup umat beragama. 

Di sela-sela kegiatan, Wakil Gubernur Sulbar yang juga selaku Ketua Dewan Penasehat FKUB Sulbar, menerima hasil rekomendasi pengurus FKUB Sulbar dari Ketua FKUB Sulbar. (mhy)

 

? Wandy

 

Wakil Gubernur Sulbar, Enny Anggraeny Anwar bersama Kapolda Sulbar, Baharuddin Djafar menghadiri Dialog Kebangsaan Tokoh Lintas Agama dalam rangka Menjaga & Merawat Kerukunan Umat Beragama di Sulawesi Barat yang dilaksanakan Hotel Matos Mamuju, Kamis, 12 Desember 2019•

Read 798 times
(0 votes)