23 Mei 2022

Sebagai Penyangga IKN, Sulbar Jajaki Kerjasama dengan Sulteng

 

Sulbar sebagai salah satu Provinsi Penyangga Ibu Kota Nusantara (IKN) dari tiga Provinsi yaitu Sulsel dan Sulteng, Pemprov Sulbar saat ini menjajaki kerjasama dengan Pemprov Sulteng. Hal tersebut dibahas dalam pertemuan bersama dengan Gubernur Sulteng, Rusdy Mastura di Bukit Indah Doda baru -baru ini

Pj. Gubernur Sulbar, Akmal Malik mengatakan, salah satu hal yang akan dikerjasamakan antara Sulbar dan Sulteng kedepan yakni membuat rute jalur laut dari Tawau-Balikpapan-Mamuju-Pasangkayu-Palu.

"Sulteng sudah punya kapal sendiri dan membuat rute jalur laut dari Tawau, Balikpapan, Mamuju, Pasangkayu dan Palu. Itu nanti yang akan kita kerjasamakan,"kata Akmal saat diwawancara awak media, Senin, 23 Mei 2022

Selain itu, kedua provinsi ini juga akan bersama-sama meminta kepada pemerintah pusat untuk membuka jalur penerbangan Jakarta-Balikpapan-Mamuju-Palu.

"Itu yang kita siapkan sekarang, tentunya ini ikhtiar kita ya, mudah-mudahan Tuhan memberikan jalan terbaik,"ucapnya

Dia mengungkapkan, kerjasama yang dibangun antara Sulbar dan Sulteng juga sudah dilakukan dengan Sulawesi Selatan (Sulsel). 

"Jadi Sulsel, Sulbar dan Sulteng, Insya Allah akan bersinergi membangun Selat Makassar dan mudah-mudahan ini akan menjadi kekuatan untuk mendukung IKN,"harapnya

Terhadap sejumlah kemajuan di Sulteng saat ini, Akmal menyampaikan, salah satu yang telah dilakukan Sulteng seperti memperbaiki BUMDnya yang saat ini untung besar, akan diterapkan di Sulbar.

"Pak Gubernur Sulteng menyampaikan bahwa saat ini Sulteng sudah cukup maju, sudah memperbaiki BUMDnya, yang sekarang itu untungnya besar. Nah kitakan harus belajar, saya juga sebentar lagi panggil BUMD-BUMD kita, kita akan coba bedah lagi nanti. Hal-hal baik yang sudah dilakukan Sulteng kita harus tiru,"tandasnya .

Dalam pertemuan tersebut, Pj.Gubernur Sulbar Akmal Malik hadir bersama Ketua DPRD Sulbar, Suraidah Suhardi, Sekretaris DPRD Sulbar, Abd .Wahab Hasan Sulur, Kepala Dinas Kominfopers, Mustari Mula, Kepala Bappeda Sulbar, Junda Maulana, Staf Ahli Gubernur Sulbar, Chandra Hapati Hasan. (rls)

Read 179 times
(0 votes)
  1. Popular
  2. Recent
  3. Comments