11 Mei 2022

Gubernur Sulbar Resmikan Rumah Singgah Pelajar Bala-Balakang

 

Gubernur Sulbar Ali Baal Masdar meresmikan Rumah Singgah Pelajar Bala-Balakang, yang bertempat di Jalan Nelayan Karema Selatan, Mamuju, Rabu 11 Mei 2022.

Gubernur Sulbar Ali Baal Masdar mengatakan, pembangunan rumah singgah pelajar tersebut merupakan salah satu bukti perhatian dan keseriusan Pemprov Sulbar dalam meningkatkan kesejahteraan masyarakat di Kepulauan Bala-Balakang.

Ali Baal berharap, bangunan itu dapat diperluas dengan menambah bangunan baru pada lahan kosong disamping bangunan tersebut, yang nantinya dapat juga digunakan oleh masyarakat dari Kepulauan Bala-Balakang jika mempunyai urusan di Kota Mamuju, misalnya melakukan pengobatan atau urusan lainnya.

Melalui kesempatan itu, Ali Baal menyinggung mengenai pembangunan tanggul pemecah ombak di Kepulauan Bala-Balakang. Ia mengatakan, untuk tahap awal pembangunan tanggul sudah ada di tiga titik pulau, yaitu Pulau Ambo, Pulau Popongan, dan Pulau Salissingan. 

"Insya Allah tahun ini juga melalui pendanaan dari BNPB kita akan mendapatkan alokasi dana untuk pembangunan tanggul pemecah ombak pada beberapa pulau di Kepulauan Bala-Balakang,"bebernya

"Alhamdulillah di sana juga sudah ada sarana listrik, air bersih dan telekomunikasi, bahkan rencana kami kalau bisa ada satu pulau yang besar untuk didorong membangun penyulingan minyak bumi dan gas. Untuk kedepannya juga, nanti dari pemerintah akan memikirkan bagaimana industri pariwisata bisa masuk sesegera mungkin,"sambungnya

Kepala Dinas PUPR Sulbar, Muhammad Aksan mengatakan, Rumah Singgah Pelajar Bala-Balakang itu seharusnya diresmikan sejak beberapa tahun yang lalu. Namun, karena adanya Covid-19 dan anak-anak belum bisa sekolah, akhirnya peresmiannya tertunda.

Aksan menjelaskan, Rumah Singgah Pelajar Bala-Balakang tersebut dibangun sepenuhnya menggunakan APBD Provinsi Sulbar dengan menelan dana sebesar Rp.640 juta, yang dikerjakan sejak tahun anggaran 2019. 

"Jadi sejak awal pandemi Covid-19 sudah dimulai tahap pembangunan sampai di akhir penataan halamannya di tahun 2021,"beber Aksan

Sementara itu, mewakili Pemkab Mamuju, Asisten III Artis Effendi mengucapkan terimakasih sebesar-besarnya atas perhatian dari Pemprov Sulbar, yang telah begitu peduli dan memperhatikan masyarakat Kepulauan Bala-Balakang.

"Terima kasih yang tak terhingga kami ucapkan untuk seluruh jajaran Pemprov Sulbar karena telah begitu peduli dan memperhatikan masyarakat kami, khususnya anak-anak pelajar kami yang merupakan generasi penerus kami karena telah dibuatkan rumah singgah pelajar ini. Mudah-mudahan rumah singgah ini dapat dimanfaatkan dan dirawat sebaik-baiknya, sehingga apa yang menjadi harapan dari Pemprov Sulbar bisa difungsikan dengan baik dapat berjalan dengan semestinya,"tutur Artis (Ayu)

 

Read 171 times Last modified on Rabu, 11 Mei 2022 17:45
(1 Vote)
  1. Popular
  2. Recent
  3. Comments