08 Apr 2022

Idris Minta Jaga Komitmen Selesaikan Permasalahan Stunting di Sulbar

 

Sekprov Sulbar Muhammad Idris membuka Workshop Penyusunan Grand Desain Strategi Percepatan Penurunan Stunting di Provinsi Sulbar, Kamis, 7 April 2022, bertempat di d'Maleo Hotel Mamuju.

Sekprov Sulbar Muhammad Idris mengemukakan, stunting adalah permasalahan yang sangat kompleks dan multi dimensi yang tidak mungkin hanya menjadi urusan kesehatan saja, tapi juga berkaitan dengan kesenjangan-kesenjangan ekonomi karena banyaknya angka anak pernikahan usia dini.

"Penyebab utama banyaknya angka pernikahan dini itu sendiri adalah anak tidak sekolah. Hal ini juga menunjukkan bahwa stunting membutuhkan penyelesaian dengan koordinasi dan sinergi,"kata Idris

"Jadi sekarang kita ingin mendorong penyelesaian stunting di Sulbar itu basisnya ada pada kolaborasi, kita perlu melakukan perbaikan-perbaikan di tiap kabupaten,"sambungnya

Idris menekankan, pada permasalahan stunting diperlukan pendalaman lebih untuk dijadikan sebagai program-program strategi lintas sektor. 

Untuk itu, Ia meminta menjaga komitmen dalam penyelesaian permasalahan stunting di Sulbar, sebab hal itu tidak akan mungkin terselesaikan kalau yang ada hanya komitmen normatifnya.

Bicara soal grand desain, Idris mengatakan, hal itu mencakup semua kristalisasi sumberdaya yang dimiliki dan dituangkan di dalam sebuah rencana inti.

"Untuk apa forum ini dihadirkan? untuk menyampaikan apa yang menjadi harapan dan keinginan kita bersama. Dalam hal ini grand desain strategi penurunan stunting tidak membicarakan urusan sendiri-sendiri. Jd pokok permasalahan yang akan dibahas dalam grand desain strategi itu adalah bagaimana mengkonsolidasi sumberdaya,"ucapnya

Melalui forum itu, Idris berharap terbangunnya afektif komitmen untuk menyelesaikan masalah stunting di Sulbar. (Ayu)

 

Read 261 times
(0 votes)