20 Sep 2021

Gubernur Ali Baal Lepas Kontingen Sulbar Menuju PON XX Papua

Gubernur Sulbar Ali Baal Masdar, didampingi Sekprov Sulbar Muhammad Idris dan Kepala Dinas Kepemudaan dan Olahraga Sulbar Muhammad Hamzih, secara resmi melepas Kontingen Sulbar untuk berkompetisi pada PON Ke-XX di Tanah Papua.

Pelepasan Kontingen Sulbar yang terdiri dari para Atlet, Pelatih dan Official, berlangsung di Tribun Kantor Merah Putih Gubernur Sulbar, Minggu 19 September 2021.

Gubernur Sulbar Ali Baal Masdar, pada kesempatan itu menitipkan beberapa pesan kepada Kontingen Sulbar, pertama memelihara semangat dan kebersamaan para Atlet, Pelatih, dan Official, serta jaga kondisi kesehatan dengan baik terutama gizi para Atlet. Kedua, junjung tinggi sportifitas olahraga, jangan melakukan hal-hal yang tidak sesuai dengan perilaku Malaqbi yang mana hal itu menjadi slogan Sulbar. 

Ketiga, memperhatikan faktor keamanan diri dan kontingen, baik di arena maupun di tempat lain. Keempat, harus selalu mengingat untuk jaga diri dan orang lain dari ancaman Covid-19 dengan disiplin melakukan Protokol Kesehatan. 

Ali Baal mengungkapkan, sebenarnya Sulbar berkeinginan mengikuti banyak Cabang Olahraga (Cabor) demi memberi pengalaman kepada para Atlet untuk berlaga di event nasional itu dan mendapatkan hasil maksimal. Akan tetapi, banyaknya keterbatasan, seperti adanya pandemi Covid-19 apalagi Sulbar terkena gempa bumi pada Januari lalu. 

"Berbagai keterbatasan, apalagi terjadi pandemi Covid-19 dan gempa bumi yang melanda daerah kita Januari lalu, sehingga kali ini Sulbar hanya mengikuti delapan Cabor saja seperti renang, atletik, catur, dayung, sepak takraw, muaythai, panjang tebing, dan balap motor,"kata Ali Baal

Gubernur menyampaikan terima kasih dan apresiasi kepada Dinas Kepemudaan dan Olahraga Sulbar, serta para Pengurus Cabor dan Atlet, yang telah bekerjasama dalam rangka persiapan mengikuti PON ke-XX di Papua. 

"Semoga upaya yang telah dilakukan akan membuahkan hasil maksimal untuk Sulbar di arena PON ke- XX nantinya,"harapnya

Kepala Dinas Kepemudaan dan Olahraga Sulbar, Muhammad Hamzih, yang juga selaku Ketua Kontingen Sulbar PON ke- XX, menyampaikan, bahwa jumlah Atlet asal Sulbar sebanyak 51 orang. 

Hamzih juga menyampaikan, adapun jadwal pemberangkatan delapan cabor yaitu, sepak takraw, muaythai, dan dayung pada 23 September 2021 ke Jayapura. Kemudian, untuk panjat tebing 24 September 2021 menuju Mimika. Selanjutnya, catur 1 Oktober 2021 di Merauke. Renang 2 Oktober 2021 menuju Jayapura, Balap Motor 2 Oktober 2021 menuju Marauke dan atletik 2 Oktober 2021 menuju Mimika. 

Sementara, untuk jadwal pertandingan delapan Cabor, yaitu catur mulai 4 - 13 Oktober 2021 di Ballroom Swiss Ball Marauke, dayung bertanding 27 September - 13 Oktober 2021 di Teluk Lutepa Jayapura, sepak takraw 27 September- 9 Oktober 2021 di GOR Trikora Puncen Jayapura, atletik 5 -14 Oktober di Kota Kencana Mimika, balap motor 6 Oktober di Tanah Miring di Marauke, Renang 4 - 7 Oktober di Kolam Lonjat Indah Stadion Kampung Harapan Jayapura, Muaythai 27 September - 3 Oktober 2021 di Gors Tetedini Jayapura dan panjat tebing 27 September - 3 Oktober di Mimika. 

Turut hadir pada acara pelepasan Kontingen Sulbar, Danrem 142 Tatag, Brigjen. TNI, Firman Dahlan, Wakapolda Sulbar, Brigjen. Pol. Umar Faroq, Anggota DPRD Sulbar Praksi Nasdem, Jayadi, serta undangan lainnya. (Desy) 

 

Read 609 times
(0 votes)
  1. Popular
  2. Recent
  3. Comments