03 Apr 2021

Jumat Agung; FKUB-Forkopimda Kunjungi Gereja Bethel

Forum Kerukunan Umat Beragama (FKUB) Sulbar bersama jajaran Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Sulbar mengunjungi Gereja Bethel, Jumat 2 April 2021.

Ketua FKUB Sulbar, Sahabuddin Kasim mengemukakan, kunjungan di hari Jumat Agung memberi makna tersendiri, khususnya dalam tradisi kekristenan maupun Islam. 

"Hari ini merupakan hari Agung dalam kekristenan. Dan kami pun dalam Islam menyebut hari Jumat sebagai Sayyidul Ayyam, penghulu dari segala hari yang ada,"sebut Sahabuddin

Sahabuddin menuturkan, kunjungan tersebut merupakan bukti betapa kuatnya jalinan persaudaran antar pemuka Agama di Sulbar dan berharap hal itu akan menjadi teladan yang baik bagi segenap umat penganut agama-agama. 

"Sulbar sangat menjunjung tinggi semangat kerukunan, serta komitmen saling mendukung dan saling menjaga,"ungkapnya

Kepala Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) Sulbar, Herdin Ismail mengatakan, hal-hal kecil yang baik dapat menjadi pemicu hadirnya kebaikan-kebaikan dalam skala yang besar, sehingga menurutnya perjumpaan di tempat ibadah tersebut adalah bagian dari cara Tuhan untuk merekatkan persaudaraan di antara umat beragama.

"Mungkin ada yang menganggapnya sebagai peristiwa kecil, tapi saya meyakini, akan memiliki dampak positif yang sangat besar bagi daerah kita, Sulbar,"kata Herdin

Kepala Badan Intelijen Negara (BIN) Daerah, Sulbar, Bagus SN berharap agar soliditas antar umat beragama dapat terus dijaga.

"Saling menginformasikan dan mengingatkan, itu kiranya dapat menjadi bagian dari upaya kita untuk tetap menjaga wilayah Sulbar ini, sehingga peran tokoh-tokoh agama tentu sangat diharapkan,"kata Bagus

Sementara itu, Pdt. Markus Losa Parombean mengemukakan, kunjungan itu menunjukkan bahwa solidaritas persaudaraan antar umat beragama di Sulbar sangat kuat, sehingga diyakini tidak akan terpengaruh dengan gejolak sosial yang seringkali muncul di berbagai wilayah. 

"Semoga Tuhan memberkati kunjungan di hari Jumat Agung ini,"harap Markus

Markus menyampaikan, pada bencana gempa bumi yang terjadi beberapa waktu lalu Gereja dan kediaman jemaat ikut hancur.

"Saudara dan jemaat kami meninggal dunia, hati kami sedih. Namun kehadiran bapak-bapak para rombongan FKUB dan Forkopimda telah membesarkan jiwa dan semangat kami. Hal ini telah meyakinkan kami bahwa kita memang bersaudara, Haleluya,"pungkasnya 

Dalam kunjungan tersebut, turut dihadiri sejumlah pimpinan instansi vertikal. Di antaranya, Kepala BNNP Sulbar, Kepala BPKP Sulbar, Kepala Badan Perbendaharaan Negara, Polda, dan Forum Kewaspadaan Dini Masyarakat (FKDM) Sulbar.

Read 666 times
(1 Vote)