07 Okt 2019

Ombusdman RI Perwakilan Sulbar Gelar Pelayanan Publik Dengan Tema Sulbar Malaqbi Tanpa Mal Administrasi

Ombusdman RI Perwakiln Sulbar menggelar Pekan Pelayanan Publik di Atrium Maleo Town Square (Matos), Mamuju, 6 Oktober 2019.

Pada pelayanan Publik tersebut disediakan sejumlah stand instansi pelayanan public dasar, seperti Pelayanan Samsat, Pelayanan perpanjangan SIM, Pelayanan BPJS Kesehatan, Pelayanan Bank Sulselbar  Pelayanan Imigrasi, Bank BNI, Pelayanan Kependudukan dan catatan sipil,pelayanan kesehatan,pelayanan pajak  oleh Bappeda, Pelayanan terpadu Satu Pintu (PTSP),Pelayanan pengurusan SKCK Sat Intelkam Polres Mamuju dan Pelayanan pusat pengaduan Mobusdman.

Pada kesempatan tersebut Kepala Ombusdman RI Perwakilan Sulbar, Lukman Umar mentakan bahwa selain pelayanan public ini juga dirangkaikan lomba mewarnai yang diikuti sekitar 100 anak danggot talent, yang diikuti oleh murid sekolah dasar dan Smp dari beberapa daerah di provinsi ke 33 di Indonesia, seperti Polman dan Mateng

Masih katanya, kegiatan ini adalah salah satu terobosan untuk mendekatkan isntansi pelayanan tingkat dasar kepada masyarakat dan dalam rangka mensosialisasikan tugas pokokdan fungis ombudsman kepada masyarakat.

“hanya kemasannya saja kita kemas, yang intinya adalah bagaimana masyarakat bisa melihat langsung pelayanan dasar dan bagaimana ombudsman melakukan pengawasan untuk memastikan jalannya pelayanan public yang baik,ujarnya.

Dengan harapan masyarakat makin memahami tupoksi ombudsman lalu paham bahwa tugas utama ombudsman adalah mengawasi pelayanan public, lalu kita berharap organisasi perangkat daerah (OPD) pelayanan semakin dipahami fungsinya oleh masyarakat.

Sambunya bahwa momentum ini dalam rangka memanfaatkan hari libur untuk memperlihatkan kepada masyarakat seperti apa seharusnya pelayanan public dijalankan.

“pelayanan yang bisa diselesaikan dalam waktu sehari, harus selesai. Kemudian jika ada pengaduan terkait pelayanan public ombudsman juga menadakan gerai untuk pengaduan di kegiatan ini,kata dia.

Selain itu, dengan kegiatan ini pola pelayanan public di instansi pelayanan sudah dapat menerapkan prinsip,tepat,cepat dan mudah.

 “Kita memilih tema Sulbar Malaqbi Tanpa Mal Administasi , Malaqbi Pau, Malaqbi Kedzo, Malaqbi Gau, bisa mewarnai jalannya pelayanan public. Sehingga pengguna pelayanan public dapat dirasakan dengan baik oleh masyarakat,ujarnya.  

  

Read 20 times
(0 votes)