30 Apr 2024

DLH Sulbar Nilai Perbaikan DELH Kegiatan Eksisting Pabrik Pengelolaan Kelapa Sawit PT. Awana Sawit Lestari

 

Mamuju – Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Sulawesi Barat (Sulbar) melaksanakan Rapat Koordinasi (Rakor) Penilaian Perbaikan Dokumen Evaluasi Lingkungan Hidup (DELH) Kegiatan Eksisting Pabrik Pengelolaan Kelapa Sawit di Desa Sarudu, Kecamatan Sarudu, Kabupaten Pasangkayu, Sulbar oleh PT. Awana Sawit Lestari.

 

Rakor dilaksanakan di Ruang Rapat Kantor DLH Sulbar, dimulai Pukul 10.00 Wita – selesai, Senin, 29 April 2024. Kegiatan ini dibuka Kepala DLH Sulbar Zulkifli Manggazali. Setelah acara pembukaan, selanjutnya rapat pemeriksaan dokumen dipimpin oleh Kabid Penataan dan Penaatan PPLH, Andi Alffianti.

 

Dalam sambutannya, Kepala DLH Sulbar Zulkifli Manggazali mengatakan, Penyusunan DELH dilakukan untuk memenuhi ketentuan Pasal 86 Peraturan Pemerintah Nomor 22 Tahun 2021 tentang Penyelenggaraan Perlindungan dan Pengelolaan Lingkungan Hidup dengan format sebagaimana tersaji dalam Lampiran V, dan sekaligus menjadi rujukan dalam pelaporan berkala setiap enam bulan sekali.

 

“PT. Awana Sawit Lestari ini sebelumnya merupakan kewenangan Kabupaten Pasangkayu, namun karena adanya perubahan regulasi dan perubahan kegiatan sehingga menjadi kewenangan provinsi,” kata Zulkifli.

 

Zulkifli menyampaikan, penilaian tersebut akan menjadi pedoman untuk menetapkan Persetujuan DELH sebagai bentuk Persetujuan Lingkungan yang akan menjadi dasar dan termuat dalam Perizinan Berusaha.

 

DELH merupakan dokumen yang memuat pengelolaan dan pemantauan lingkungan hidup yang merupakan bagian dari proses audit lingkungan hidup yang dikenakan bagi usaha dan/atau kegiatan yang sudah berjalan serta telah memiliki izin usaha dan/atau kegiatan yang berdampak penting bagi lingkungan hidup. Dengan kata lain, DELH diperuntukan bagi usaha dan/atau kegiatan yang telah berjalan tetapi belum memiliki dokumen Analisis Menganai Dampak Lingkungan Hidup (AMDAL).

 

Penulis : DLH Sulbar

Editor : humassulbar

Read 87 times
(0 votes)
  1. Popular
  2. Recent
  3. Comments