24 Apr 2024

Herdin Ismail Tekankan Pemutakhiran Data Statistik Perkebunan Sangat Perlu Dilakukan

 

Mamuju, Dinas Perkebunan Provinsi Sulawesi Barat (Sulbar) melakukan sosialisasi lanjutan dalam upaya pemutakhiran data statistik perkebunan pada Rabu, 24 April 2024. kegiatan dilaksanakan secara hybrid (luring dan daring) di Ruang Rapat Dinas Perkebunan Sulbar.

 

Kegiatan dibuka Kepala Dinas Perkebunan Sulbar Herdin Ismail dan dihadiri Sekretaris Dinas Perkebunan Sulbar Andi Sitti Kamalia, Kabid Perbenihan dan Produksi Dinas Perkebunan Sulbar Muliadi, Pewakilan Bidang Kelembagaan dan PSP Nuzuliah, Staf Bagian Program Dinas Perkebunan Sulbar, Kabid Perkebunan Kabupaten se-Sulbar, Staf Dinas Perkebunan Sulbar, Tenaga Harian Lepas-Penyuluh Pertanian (THL-PP) Dinas Perkebunan Sulbar, Mantri Perkebunan dan Koordinator Penyuluh Pertanian Sulbar.

 

Kepala Dinas Perkebunan Sulbar, Herdin Ismail, saat membuka kegiatan menekankan, pemutakhiran data statistik perkebunan sangat perlu dilakukan, mengingat perencanaan dan kebijakan memerlukan data yang valid agar kebijakan-kebijakan tersebut dapat tepat sasaran.

 

“Dengan melakukan pemutakhiran data, maka data akan valid sehingga perencanaan dan kebijakan yang akan kita buat akan menjadi rencana dan kebijakan yang tepat sasaran,” pungkas Herdin.

 

Pada sosialisai lanjutan ini, membahas mengenai form pendataan dan kendala-kendala yang dialami oleh Dinas Kabupaten dan Tenaga Teknis Lapangan dalam melakukan pengumpulan data, sehingga dapat dirumuskan langkah-langkah strategis dalam percepatan pemutakhiran data statistik sektor perkebunan yang selanjutnya akan dimutakhirkan di tingkat nasional menjadi satu data Indonesia.

 

Melihat kendala yang ada di lapangan, Kepala Dinas Perkebunan Sulbar memberikan arahan kepada Kepala Bidang Perbenihan dan Produksi untuk merumuskan langkah-langkah teknis yang akan dilakukan diantaranya yaitu: 

 

1. Melakukan updating cara pengambilan data di lapangan dan penguatan bagi petugas 

2. Melakukan sinkronisasi dari tingkat desa hingga provinsi.

3. Melakukan koordinasi dengan stakeholder terkait yang berhubungan langsung dengan percepatan pemutakhiran data statistik perkebunan.

 

Sementara itu, Kabid Perbenihan dan Produksi Dinas Perkebunan Sulbar Muliadi mengatakan, PPL memiliki fungsi polyvalen, akan menjadi sumber/penyedia data di tingkat desa. 

 

“PPL di wilayah kerjanya wajib menyusun monografi desa yang di dalamnya memuat data komoditas tanaman pangan, hortikultura, perkebunan dan peternakan. Data monografi inilah yang menjadi sumber data bagi Mantri Perkebunan dan THL yang dikumpulkan melalui Berita Acara Sinkronisasi Data yang diketahui Kepala BPP di tingkat kecamatan,” ujar Muliadi.

 

Dari kegiatan sosialisasi yang telah dilakukan, semua pihak terkait sepakat akan melakukan upgrading mengenai penyajian data statistik perkebunan, yang nantinya akan dimutakhirkan di tingkat nasional.

 

Di akhir acara, Kepala Dinas Perkebunan Sulbar menyampaikan kalimat motivasi “menjadi orang baik tidaklah sulit, namun yang sulit adalah memulai untuk menjadi orang baik”.

 

Penulis : Disbun Sulbar

Editor : humassulbar

Read 53 times
(0 votes)
  1. Popular
  2. Recent
  3. Comments