20 Apr 2024

Kadispar Sulbar Jadi “Turis” di Mamuju

 

Mamuju-Kegiatan Pelatihan Transportasi Wisata yang dilaksanakan Dinas Pariwisata Provinsi Sulawesi Barat (Dispar Sulbar) di Hotel Aflah Mamuju memasuki bagian akhir pada Jumat, 19 April 2024, setelah dibuka pada Rabu, 17 April 2024 lalu. 

 

Materi yang diberikan di hari terakhir pelaksanaan kegiatan tersebut berupa praktek pelayanan wisatawan atau turis oleh pengendara mobil ketika menjemput tamu di bandara. Yang menarik, keikutsertaan Kadispar Sulbar Darmawati Ansar sebagai bagian dari simulasi tersebut.

 

Kadispar Sulbar didaulat menjadi turis yang sementara melakukan perjalanan wisata ke Sulbar dan dijemput di bandara. 

 

Ketua Panitia Kegiatan Pelatihan Transportasi Wisata, Yusuf Anwar menjelaskan, format kegiatan dikemas dalam bentuk ceramah, diskusi, dan praktek. 

 

"Kami sudah komunikasikan dengan para narasumber bahwa selain ceramah dan diskusi, juga perlu dibuat simulasi praktek pelayanan, " kata Yusuf Anwar, yang juga Kabid Kelembagaan dan Kemitraan Pariwisata Dispar Sulbar.

 

Yusuf berharap agar semua materi yang diberikan dapat diimplementasikan oleh peserta. Dikatakannya, bahwa semua ilmu yang diberikan berorientasi pada peningkatan kompetensi peserta demi terciptanya pelayanan yang baik bagi para wisatawan.

 

Sementara itu, para peserta pelatihan mengungkapkan kegembiraannya telah dilibatkan dalam kegiatan.  

 

"Kami sangat senang diundang menjadi peserta. Saya mendapat banyak ilmu terutama bagaimana seharusnya bicara, bersikap ketika menjemput dan melayani tamu atau wisatawan, " kata Fachri.

 

Fachri sendiri merupakan salah seorang pengemudi yang selama ini melayani jalur bandara dan kota Mamuju. 

 

Kegiatan berakhir setelah semua peserta mendapat kesempatan mempraktekan teknik pelayanan didampingi Farid Said selaku narasumber dari Politekpar Makassar.

 

Penulis : Dispar Sulbar

Editor : humassulbar

Read 35 times
(0 votes)
  1. Popular
  2. Recent
  3. Comments