01 Apr 2024

Jelang Idul Fitri, Dishub Sulbar Gelar Rapat Koordinasi Pemantauan Pelayanan Angkutan Lebaran Tahun 2024.

 

Mamuju -- Jelang hari raya Idul Fitri 1445 H, Dinad Perhubungan Provinsi Sulbar menggelar Rapat Koordinasi Pemantauan Pelayanan Angkutan Lebaran Tahun 2024 ,c Senin 1 April 2024 dan diikuti oleh seluruh stakeholder perhubungan se- Sulawesi Barat. Hal tersebut menindaklanjuti arahan Pj. Gubernur Sulbar, Prof Zudan.

Kepala Dinas Perhubungan Daerah Provinsi Sulawesi Barat , Maddareski Salatin mengatakan tujuan rapat koordinasi ini adalah untuk menyamakan pemahaman, dan memantau teknis pelayanan Angkutan Lebaran Tahun 2024 pada masing-masing kabupaten, serta untuk membahas langkah-langkah strategis dalam pelayanan angkutan lebaran tahun 2024.

Untuk pelayanan angkutan, masing-masing matra ini kita pastikan untuk dapat berjalan dengan lancar, armada dan jadwal cadangan telah disiapkan untuk mengantisipasi jika ada lonjakan penumpang. Seperti misalnya penerbangan Mamuju-Makassar yang biasanya dua hari sekali, maka mulai awal April ini dijadwalkan setiap hari untuk melayani penumpang. begitu juga pelayaran penyeberangan ferry Mamuju-Balikpapan yang biasanya dua kali seminggu akan ditambah tripnya menjadi tiga kali seminggu di awal april ini jelas Maddareski. Untuk semua Unit Pengelola Pelabuhan/UPP dari tanggal 26 Maret sampai dengan 26 April 2024 nantinya telah menyiapkan Posko Pelayanan Angkutan Lebaran pada kantor masing-masing untuk memberi pelayanan kepada masyarakat.

Masih Maddareski, untuk angkutan darat, kita juga pastikan untuk bisa berjalan dengan lancar, angkutan umum antar kota dalam pronvinsi, AKDP yang selama ini dilayani DAMRI dalam Sembilan trayek untuk angkutan perintis yang melayani seluruh kabupaten se- Sulawesi Barat dipastikan berjalan dengan lancar, bahkan pihak DAMRI telah menyiapkan dua Bus Cadangan untuk mengantisipasi lonjakan penumpang. 

Untuk AKAP sendiri, koordinasi dengan PO yang selama ini beroperasi di Sulbar setiap hari melayani rute Mamuju-Makassar PP, untuk angkutan lebaran ini PO telah menyiapkan Bus Cadangan jika ada lonjakan penumpang. Sebagai Informasi juga, BPTD Kelas III Sulawesi Barat, melaui UPPKB/Jembatan Timbang menyediakan Posko Rest Area di Jembatan Timbang Beru-Beru Kabupaten Mamuju dan Jembatan Timbang Paku Kabupaten Polewali Mandar. Rest Area ini diperuntukkan kepada pemudik yang butuh tempat istirahat dapat singgah di dua pos Rest Area ini. Untuk Tuslah angkutan lebaran tahun ini sesuai hasil koordinasi, kita masih menunggu petunjuk dari Kementerian Perhubungan, ungkap Maddareski.

Dari segi pengawasan keselamatan angkutan, Maddareski menjelaskan bahwa seperti tahun-tahun sebelumnya, sebelum pelaksanaan pelayanan angkutan lebaran telah dilakukan Rum Check oleh BPTD Kelas III Sulawesi Barat bersama seluruh pihak terkait untuk memastikan kelayakan operasional terhadap armada yang digunakan dalam pelayanan angkutan lebaran ini. 

Dalam kesempatan ini pula Kepala Dinas Perhubungan Daerah Provinsi Sulawesi Barat Maddareski Salatin tak henti-hentinya untuk mengingatkan kepada seluruh masyarakat yang akan melakukan mudik ataupun saat balik nantinya untuk dapat memperhatikan keselamatan selama berkendara, memiliki istirahat yang cukup sebelum bepergian, mematuhi aturan yang ada dan memastikan kelayakan kendaraan yang digunakan agar perjalanannya dapat berjalan dengan lancar, tertib dan aman.

 

Penulis : Dishub

Editor : humassulbar

Read 156 times
(0 votes)
  1. Popular
  2. Recent
  3. Comments