29 Mar 2024

Kunjungan Mentan di Sulbar, Syamsul Maarif: Sebagai Upaya Pemerintah Tingkatkan Produktivitas Padi Secara Nasional

 

Mamuju - Kepala Dinas Tanaman Pangan, Hortikultura dan Peternakan (DTPHP) Sulawesi Barat Syamsul Ma'arif turut hadir mendampingi Kunjungan Kerja Menteri Pertanian Andi Amran Sulaiman di Kabupaten Mamuju, Sulawesi Barat, Kamis, 28 Maret 2024. Kunjungan kerja tersebut merupakan rangkaian panen raya nusantara

 

Dalam kunjungan tersebut Mentan, Andi Amran Sulaiman menyerahkan secara simbolis pupuk kepada bupati seluruh Indonesia sebanyak Rp 54 triliun. 

"Baru saja Bapak Presiden menyetujui bantuan pupuk 26 T dan ditambah bantuan dari Pupuk Indonesia sebanyak Rp28 T sehingga total ada sebesar Rp54 T pupuk untuk seluruh petani Indonesia, dan secara simbolis dilakukan di Mamuju," ungkapnya. 

 

Selain itu, dilakukan juga penyerahan bantuan dari Kementerian Pertanian RI 10 unit pompa air, 3 unit RJIT (rehab jaringan irigasi terasi) senilai 380.150.000, bantuan benih padi untuk 2000 hektar senilai 680 juta serta bantuan benih jagung untuk 2000 hektar senilai 1,8 M

 

Mentan Andi Amran juga mengatakan, pompanisasi menjadi solusi cepat dalam meningkatkan areal tanam mengingat saat ini tidak semua daerah diguyur hujan. Artinya, masih ada daerah-daerah kering akibat dilanda fenomena alam El Nino alias musim kering ekstrem yang berujung pada darurat pangan. 

 

Kadis DTPHP Sulbar, Syamsul Ma'rif mendukung penuh upaya kementerian pertanian dalam memaksimalkan pompanisasi pada lahan-lahan kering di Sulbar. 

 

Upaya ini, menurut Syamsul Ma'rif merupakan upaya pemerintah dalam meningkatkan indeks pertanaman dan produktivitas padi secara nasional.

 

"Dengan produksi yang semakin meningkat tersebut, diharapkan ketersediaan terjaga dan kebutuhan masyarakat luas dapat terpenuhi" tutup Syamsul Ma'arif.

 

Penulis : DTPHP

Editor : humassulbar

Read 104 times
(0 votes)
  1. Popular
  2. Recent
  3. Comments