27 Mar 2024

Serahkan LKPJ Gubernur Tahun 2023, Prof Zudan: 24 Penghargaan Berkat Kekompakan DPRD, Pemprov dan Masyarakat

 

Mamuju - Pemprov Sulbar menyerahkan laporan keterangan pertanggungjawaban gubernur Subar tahun 2023.

 

Penyerahan ini dilakukan langsung Pj Gubernur Sulbar Prof Zudan Arif Fakrulloh dan dihadiri Sekprov Muhammad Idris serta para anggota DPRD Sulbar, Rabu 27 Maret 2024.

 

Dirangkaikan juga penyerahan dokumen usulan pokok-pokok pikiran DPRD Sulbar tahun 2025.

 

"Saya apresiasi dan penghargaan yang mendalam atas dukungan 45 anggota DPRD Provinsi Sulawesi Barat yang mendukung penuh program selama satu tahun sehingga target-target banyak yang sudah bisa kita capai," kata Prof Zudan.

 

Namun, ada banyak hal-hal yang harus dibenahi dan perlu diselesaikan secara bertahap sampai dengan masalah itu selesai.

 

"Kita serahkan LKPJ sesuai perintah undang-undang, ini menjelaskan apa yang dilaksanakan satu tahun lalu. Setelah itu DPRD akan menalaah dan akan keluar rekomendasi perbaikan untuk penyusunan APBD 2025," ungkapnya.

 

Sementara itu, dalam LKPJ ini masalah mendasar di Sulbar yang sudah diselesaikan, termasuk progres seperti stunting, kemiskinan, lapangan kerja, kemudian anak tidak sekolah sampai infrstruktur.

 

"Sehingga kedepan tidak ada lagi permasalahan muncul, seperti tidak ada lagi orang sakit ditandu maupun digotong. Jadi jalan-jalan harus dibuka secara bertahap," harapnya.

 

Dia juga senang sekali karena OPD bergerak kompak dalam menjalankan program kerja selama 11 bulan dirinya berada di Sulbar.

 

"Ada penghargaan sudah kita terima selama 11 bulan saat bertugas. Mulai penghargaan bidang IT, Digitalisasi, Kesehatan, Pendidikan sampai penyelenggara inflasi. Ini semua berkat OPD yang saling bahu membahu membangun Sulbar," ujarnya.

 

Sehingga, inilah yang perlu dijaga dan meningkatkan branding Sulbar agar memudahkan investasi masuk dan membuat investor nyaman.

 

Sedangkan, Ketua DPRD Sulbar Sitti Suraidah Suhardi saat memimpin rapat paripurna mengungkapkan LKPJ Gubernur tahun 2023 akan dibahas secara bersama.

 

"Kita punya waktu 30 hari untuk membahas LKPJ Gubernur tahun 2023. Tentunya akan kita telaah program yang sudah dilaksanakan dan belum terlaksana," tandasnya.

 

Adapun, prestasi dan penghargaan yang didapatkan Pemprov Sulbar selama Pj Gubernur Sulbar Prof Zudan Arif Fakrulloh menjabat diantaranya:

 

1. Penghargaan Transformatif Pembelajaran , Perencanaan Berbasis Data, Implementasi Kurikulum Merdeka Mengajar, Program Sekolah Penggerak, dari Mendikbud Ristek di Yogyakarta, 29 Mei 2023.

 

2. Penghargaan Indonesian Awards dari Inews Media Grup kategori Excellent Awards for Strategic Initiative”Digitalisasi Tata Kelola Pemerintahan “ di Inews Tower , 31 Agustus 2024.

 

3. Penghargaan dari Arsip Nasional Republik Indonesia (ANRI) kepada Pemprov Sulbar sebagai Pemerintah Daerah yang telah berhasil menerapkan Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik melalui aplikasi Srikandi pada seluruh OPD di Surakarta, 6 September 2023

 

4. Penghargaan sebagai Tim Percepatan dan Perluasan Digitalisasi Daerah (TP2DD) Terbaik II wilayah Sulawesi di Jakarta , 3 Oktober 2023

 

5. Penghargaan dari Direktur Utama LARS DHP, dr. R. Heru Aryadi atas pemenuhan Standar Layanan Kesehatan, 6 Oktober 2023.

 

6. Penghargaan atas Percepatan Pengembangan Kawasan Transmigrasi Sulbar dari kemendes PDT, 10 Oktober 2023.

 

7. Penghargaan dari Kementrian Kominfo sebagai instansi terbaik kedua dalam pemantauan Srikandi tingkat Pemerintah Provinsi Tahun 2023 . Diserahkan di Jakarta, 17 Oktober 2023.

 

8. Penghargaan Pembinaan Program Kampung Iklim (Proklim) tingkat nasional tahun 2023 . Diserahkan di Jakarta , 17 Oktober 2023.

 

9. Penghargaan dari Kementrian Kominfo RI kepada KIM Allewuang Tinambung Sulbar sebagai KIM Inspiratif dan Juara I Cerdas Cermat pada Festival KIM Nasional 2023 di Surabaya, Jatim, 28 Oktober 2023.

 

10. Untuk bidang olahraga, 12 cabor antara lain Pertina, Futsal dan Dayung untuk pertama kali mendapatkan PON menuju PON Aceh-Sumatra.

 

11. Pemprov Sulbar meraih penghargaan Insentif fiskal pengendalian inflasi daerah di Jakarta, 6 Nopember 2023.

 

12. Pemerintah Provinsi Sulbar sebagai salah satu provinsi dengan kinerja penurunan  kemiskinan ekstrem tercepat di Sulawesi , sesuai data yang dikeluarkan oleh Badan Pusat Statistik (BPS) 9 Nopember 2023.

 

13. Penghargaan dari Kementrian Kesehatan dengan capaian indicator pemetaan resiko penyakit infeksi emerging dan dokumen rekomendasi ketiga terbaik.

 

14. Penghargaan dari Kementrian Kesehatan sebagai Provinsi terbaik dalam rangka Kewaspadaan Dini Respon Terhadap Penyakit yang menimbulan kejadian luar biasa (KLB)/wabah.

 

15. Penghargaan dari Kementrian Kesehatan sebagai Provinsi Terbaik dalam rangka Layanan Kesehatan dan Pengendalian Penykait Menular bagi WBP di Lapas, Rutan dan LPKA di Lingkungan Kemenkumham Sulbar.

 

16. Penghargaan Pemerintah dari Asosiasi Big Data dan AI(AI)  kepada Pj Gubernur Sulbar, Prof Zudan Arif Fakrulloh atas prestasinya sebagai mendorong SDM dan SDA menuju era digitalisasi,  diserahkan Jakarta, 22 Nopember 2023.

 

17. Penghargaan Pemerintah dari Asosiasi Big Data dan AI(AI)  kepada Pj Gubernur Sulbar, Prof Zudan Arif Fakrulloh atas prestasinya sebagai Best Data  dan AI Teknologi di Sulbar yang diserahkan di Jakarta, 22 Nopember 2023.

 

18. Penghargaan Pemerintah dari Asosiasi Big Data dan AI(AI)  kepada Pj Gubernur Sulbar, Prof Zudan Arif Fakrulloh atas prestasinya sebagai pemimpin yang sukses mendorong dan menginspirasi digital transformasi yang diserahkan di Jakarta, 22 Nopember 2023.

 

19. Pengharagaan dari Kementrian Hukum dan HAM kepada Pj Gubernur Sulbar, Prof Zudan Arif Fahrulloh sebagai Pembina Kabupaten Peduli HAM yang diserahkan pada momen Hari HAM Sedunia , 10 Desember 2023.

 

20. Penghargaan dari Badan Pangan Nasional , Pemprov Sulbar meraih penghargaan Terbaik Kedua Program Genius tahun 2023 yang diserahkan di Jakarta, 8 Desember 2023.

 

21. Penilaian Penyelenggaraan Kepatuhan Pelayanan Publik Tahun 2023 dan Ombudsman RI kepada Pemerintah Provinsi Sulawesi Barat Tahun 2023, Pemerintah Provinsi Sulawesi Barat mendapatkan nilai kepatuhan 81,12 zona hijau, kategori B dengan opini kualitas tinggi.

 

22. Sesuai rilis BPS , Provinsi Sulbar menduduki posisi ke-2 Provinsi TERAMAN di Indonesia dengan angka 0,30 % setelah provinsi Bali 0,20 %, dari 10 provinsi dengan persentase penduduk yang menjadi korban kejahatan terendah nasional (2022).

 

23. Pemerintah Provinsi Sulbar menerima penghargaan dari Kantor Wilayah DJKN Sulawesi Selatan, Tenggara dan Barat sebagai peringkat I kategori Sinergi Penilaian Barang Milik Daerah terbaik diserahkan di Mamuju, 7 Maret 2024.

 

24. Sesuai data Survei Kesehatan Indonesia 2023,angka  prevalensi Stunting di Sulbar turun 4,7 persen dan menjadi terbaik ke-3 di Indonesia. Pada tahun 2022, angka prevalensi stunting Sulbar 35,0 persen, dan tahun 2023 menjadi 30,3 persen.(rls)

Read 69 times
(0 votes)
  1. Popular
  2. Recent
  3. Comments