04 Agu 2023

Akreditasi RSUD Menuju Paripurna, Komitmen Tingkatkan Mutu Layanan Kepada Masyarakat

 

MAMUJU -- Sekretaris Daerah Provinsi Sulbar Muhammad Idris secara resmi membuka kegiatan survei Akreditasi Rumah Sakti Umum Daerah (RSUD) Provinsi Sulbar oleh Lembaga Akreditasi Rumah Sakit Damar Husada Paripurna (LARS DHP), di Kantor RSUD Provinsi Sulbar Jumat 4 Agustus 2023.

 

Akreditasi menjadi komitmen pemerintah provinsi bersama RSUD untuk terus meningkatkan mutu layanan rumah sakit kepada masyarakat.

 

Sekretaris Daerah Provinsi Sulbar Muhammad Idris mengatakan , waktu yang dinanti akhirnya dimulai, yaitu proses akreditasi, meskipun sudah mendapat bintang empat namun perbaikan terus diupayakan sehingga dapat menjadi paripurna.

 

"Akreditasi rumah sakit itu kunci memperbaiki kualitas layanan, kita tidak bisa memperbaiki kualitas layanan kalau kita tidak mengetahui apa yang keliru apa yang salah apa yang kurang,"kata Muhammad Idris.

 

Ia menjelaskan, tim akreditasi akan melakukan penilaian terhadap kualitas mutu layanan termasuk kualitas sarana dan prasarana yang ada. 

 

"Tim akreditasi larinya kesitu akan memberikan sertifikasi atau level akreditasi tergantung dari kualitas masing-masing layanan, seperti Poli,"kata Idris.

 

Ia mengatakan, meskipun akreditasi sebelumnya rumah sakit telah mendapatkan bintang empat namun harapannya rumah sakit terus meningkat kualitas sehingga bisa mencapai penilaian paripurna.

 

"Tujuan akreditasi itu adalah kita mendapatkan pengakuan operasi yang terbaik komitmen layanan itu tidak boleh di sederhanakan harus betul terus diperbaiki oleh karenanya kita harus mendapatkan pengakuan dari lembaga akreditasi yang memiliki level terbaik," jelasnya.

 

Direktur Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Provinsi Sulbar dr Merintani Erna Dochri menyampaikan rasa terimakasih kepada seluruh pihak yang telah mendukung RS selama proses akreditasi yang dilakukan.

 

RSUD Provinsi Sulbar merupakan RS milik pemerintah yang telah ditunjuk sebagai RS rujukan dan memiliki peran strategis meningkatkan derajat masyarakat sulbar.

 

"Akreditasi ini dilakukan sesungguhnya bertujuan menjamin mutu pelayanan pasien sehingga akreditasi ini menunjukkan perbaikan layanan dan peningkatan fasilitas RS," kata dr Erna.

 

Ia berharap, dengan akreditasi yang dilakukan mampu membawa perubahan lebih baik untuk mutu pelayanan RSUD Provinsi dan untuk meningkatkan derajat masyarakat Sulbar.

 

"RS akan terus berbenah untuk meningkatkan layanan dan perbaikan yang dilakukan untuk masyarakat. Saya berharap dengan akreditasi ini kedepan dapat menjadi RS rujukan di Sulbar, kita berharap RSUD dapat penilaian Paripurna,"tutupnya. (rls)

Read 602 times
(0 votes)
  1. Popular
  2. Recent
  3. Comments