08 Agu 2022

Pemda Bersama BRI, Salurkan KUR Kelola Homestay di Pulau Karampuang

 

Mamuju -- Sulbar mendapatkan bantuan modal berupa Kredit Usaha Rakyat (KUR) dari Bank Rakyat Indonesia (BRI), peruntukkan digunakan untuk pembangunan Homestay di Wisata Pulau Karampuang. 

 

Asisten Administrasi Umum Pemprov Sulbar, Jamil Barambangi berterima kasih atas dukungan yang diberikan BRI Mamuju. Dia berharap program KUR tersebut terus berlanjut hingga menjadikan Wisata Pulau Karampuang menjadi percontohan bagi objek wisata di Sulbar 

 

“Jangan hanya sampai disini, karena ini adalah awal dari segalanya, karampuang harus menajdi pusat percontohan wisata di Sulawesi Barat,"ujar Jamil pada pemberian KUR Pembangunan Homestay Pulau Karampuang, di Kantor Gubernur Sulbar, Senin, 8 Agustus 2022.

 

Ia menambahkan, pentingnya mendesain objek wisata mengingat Sulbar sendiri menjadi salah satu daerah penyangga IKN. 

 

Regional CEO BRI Makassar,Rahman Arif menyebutkan, dana bantuan homestay Rp925 miliar merupakan dana secara keseluruhan masuk ke Sulbar. Ia berharap dana yang disalurkan digunakan untuk rumah yang layak dijadikan homestay. 

 

“Dengan inovasi di Karampuang, strategi akselerasi di Karampuang sangat memberi manfaat kepada masyarakat di Karampuang untuk memberikan kesejahteraan, karena mereka sendiri yang akan mengelola. Pemerintah setidaknya memberikan support, edukasi dan pelatihan” tutupnya.

 

Kepala Dinas Pariwisata, Farid Wadji mengatakan, siap membantu melakukan pendampingan kepada pengelola wisata. Salah satunya dengan membuat paket tour guna meningkatkan minat produk makanan yang disajikan di homestay yang akan dikelola. 

 

“Dari sisi kesiapan SDM pengelolaan kita yang akan menyiapkan dengan kabupaten, pengelolaannya harus kolaborasi antara provinsi, kabupaten, dan pihak swasta termasuk pihak perbankan” ujar Farid.

 

Selain itu, dalam pembangunan Homestay tersebut harus ditata dengan baik sesuai standar, terutama keamanan dan kenyamanan yang sangat dibutuhkan, termasuk membenahi perahu-perahu penyeberangan. (rls)

Read 478 times
(0 votes)
  1. Popular
  2. Recent
  3. Comments