23 Jun 2022

Idris Tutup Penyelenggaraan MTQ Ke- IX Tingkat Provinsi Sulbar

 

Penyelenggaraan Musabaqah Tilawatil Qur'an (MTQ) Ke- IX Tingkat Provinsi Sulbar, yang berlangsung sejak 18 Juni 2022 di Kabupaten Majene resmi ditutup, Rabu 22 Juni 2022. Betempat di Stadion Prasamya Majene, kegiatan itu ditutup oleh Sekprov Sulbar Muhammad Idris.

 

Pada MTQ Ke- IX Tingkat Provinsi Sulbar ini, Kabupaten Polewali Mandar ditetapkan sebagai juara umum, Kabupaten Majene menempati urutan kedua, disusul Kabupaten Mamuju Tengah di urutan ketiga.

 

Dalam sambutannya, Sekprov Sulbar Muhammad Idris mengatakan, sesungguhnya substansi dari penyelenggaraan MTQ ada tiga, yakni pertama kembali memastikan bahwa kolaborasi menghasilkan apa yang saat ini ingin diperkuat secara terus-menerus yaitu pemahaman Al Qur'an.

 

"Pemahaman Al Qur'an tidak hanya lahir dari MTQ, tatapi lahir dari sebuah proses yang dikelola oleh lembaga-lembaga yang diberikan kewenangan tugas, fungsi atau misi untuk menyelenggarakan pemahaman Al Qur'an,"kata Idris

 

Olehnya itu, Idris berpesan kabupaten memiliki keyakinan untuk memperkuat kembali lembaga-lembaga yang bisa mendorong pemahaman Al Qur'an, sekembalinya dari mengikuti event tersebut.

 

"TPA-TPA kita harus disehatkan, kawan-kawan kita di masjid-masjid harus diperkuat karena dari sanalah landasan pemahaman Al Qur'an,"ucap Idris

 

Kedua, pendalaman Al Qur'an. Menurutnya, hal tersebut tidaklah mudah sebab syiar Al Qur"an apalagi jika ingin membangun generasi Al Qur"an, maka yang harus dihasilkan adalah pemahaman secara mendalam. Dan ketiga, bagaimana mengamalkan Al Qur'an itu dalam kehidupan sehari-hari.

 

"Makanya pesantren-pesantren kita keberadaannya harus diperkuat, harus benar-benar menjadi bagian dari mission kita, termasuk dari pemerintah itu sendiri,"tandasnya

Pada kesempatan itu, atas nama Pemprov Sulbar Idris menyampaikan terima kasih kepada seluruh jajaran Panitia Penyelenggara MTQ yang telah bekerja dengan cerdas dan penuh tanggungjawab, sehingga pelaksanaan kegiatan itu dapat berjalan sukses.

 

Kepada para peserta yang telah berhasil mengukir prestasi terbaik pada MTQ Ke- IX Tingkat Provinsi Sulbar tarsebut, Idris menyampaikan selamat, sekaligus menitipkan harapan kiranya dapat lebih meningkatkan kompetensinya, sehingga mampu berkompetensi di Ajang MTQ Nasional tahun ini di Kalimantan Selatan.

 

"Saya titipkan kepada yang akan mewakili Sulbar nanti pada perhelatan MTQ Nasional, untuk berkomitmen menunjukkan kepada seluruh rakyat Sulbar, bahwa Sulbar juga bisa tonji,"tutupnya (mhy)

 

 

 

Read 320 times
(0 votes)
  1. Popular
  2. Recent
  3. Comments