28 Mei 2022

Sekprov Sulbar Terima Kunjungan Tim BPIP RI

 

Sekprov Sulbar, Muhammad Idris menerima kunjungan Tim Badan Pembinaan Ideologi Pancasila Republik Indonesia (BPIP RI), di Rujab Sekprov Sulbar, Jumat, 27 Mei 2022.

Kunjungan tim yang dikoordinir oleh Direktur Pengendalian BPIP RI, Muhammad Fahrurozi, dalam rangka silaturahmi sekaligus mensosialisasikan Peraturan Presiden (Perpres) Nomor 51 Tahun 2022 Tentang Program Pasukan Pengibar Bendera Pusaka (Paskibraka).

Dalam pertemuan itu, menghadirkan calon Paskibraka Nasional Perwakilan Sulbar bersama cadangannya.

Sekprov Sulbar, Muhammad Idris menyampaikan ucapan selamat datang kepada Tim Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP) atas kunjungan di Sulbar.

Idris menyatakan, Pemprov Sulbar memberi dukungan penuh terhadap calon Paskibraka Nasional perwakilan Sulbar untuk sampai ke Jakarta dengan baik. Dan apabila dibutuhkan, juga akan melakukan pemantauan selama latihan, termasuk dari kabupaten.

Direktur Pengendalian BPIP RI, Muhammad Fahrurozi mengatakan, berdasarkan Perpres 51 Tahun 2022, BPIP merupakan koordinator pelaksanaan program Paskibraka di tingkat pusat.

"Berbeda dari tahun-tahun sebelumnya, berdasarkan Perpres ini pengelolaan program Paskibraka saat ini sudah beralih dari Kemenpora RI ke BPIP,"beber Fahrurozi

Dia menjelaskan, alasan beralihnya pengelolaan Program Paskibraka tersebut karena Presiden memandang bahwa program itu tujuannya tidak hanyak menaikkan dan menurunkan bendera saja, tetapi juga membina dan mencari kader calon pemimpin bangsa.

"Mindset kita harus diubah. Jadi kalau mau mencari calon pemimpin bangsa salah satunya cari di Paskibraka,"ucapnya

Ia menambahkan, BPIP bukanlah satu-satunya yang akan melaksanakan proses pemusatan pelatihan Paskibraka, tetapi tentu melibatkan lembaga terkait termasuk TNI dan Polri. 

"Yang membedakan adalah kami nanti akan memberikan pembelajaran terkait wawasan kebangsaan dan pancasila selama lima hari kepada Paskibraka,"tuturnya

Terkait pemilihan calon Paskibraka nasional perwakilan Sulbar, Kepala Dinas Kepemudaan dan Olahraga Sulbar, Muhammad Hamzih mengatakan, panitia seleksi telah memilih dua orang (satu putra dan satu putri) calon Paskibraka nasional perwakilan Sulbar bersama dua cadangannya.

"Kenapa dua cadangan? untuk mengantisipasi apabila berhalangan misalnya sakit, seperti pengalaman tahun lalu, Paskibraka kita kena Covid-19. Itu yang membuat kita ragu sehingga harus ada dua cadangan,"tandasnya

Dia menegaskan, seluruh proses pemilihan calon Paskibraka tingkat nasional itu dilakukan dengan baik dan sesuai aturan yang ada.

"Seluruh proses pemilihan sesuai aturan yang ada, tidak ada intervensi ataupun hubungan emosional,"tegas Hamzih

Adapun nama calon Paskibraka Nasional Perwakilan Sulbar yakni: 

1. Ariel Derio Permana (SMAN 1 Mamuju)

2. Dhara Banjarani, (SMAN 1 Topoyo, Mamuju Tengah)

Cadangan pertama:

1. Iqbal Dwianto (SMAN 1 Topoyo, Mamuju Tengah)

2. Novianti Lisu Bulawan (SMAN 1 Mamasa)

Cadangan Kedua: 

1. Muhammad Fahrun Sardi (SMAN 1 Sendana Majene)

2. Sabrina Zalwa Zahra (SMK Stikes Fatimah Mamuju)

 

 

 

 

 

Read 186 times Last modified on Sabtu, 28 Mei 2022 05:02
(0 votes)
  1. Popular
  2. Recent
  3. Comments