31 Mar 2022

Sekprov Sulbar Harap Pencanangan Gerakan PETARUNG Dilakukan Secara Berkelanjutan

 

Sekprov Sulbar Muhammad Idris menghadiri Pencanangan Pemuda Peduli Tanah dan Ruang (PETARUNG) Berkelanjutan oleh Badan Pertanahan  Nasional (BPN) Sulbar, di Halaman Kantor Wilayah BPN Sulbar, Komp. Kantor Gubernur Sulbar Jl. H. Abd. Malik Pattana Endeng No.2 Rangas, Mamuju, Rabu 30 Maret 2022.

Sekprov Sulbar Muhammad Idris berharap pencanangan Gerakan Pemuda Peduli Tanah dan Ruang bukan hanya kegiatan formalitas semata, melainkan dapat dilakukan secara berkelanjutan oleh pihak ATR/BPN dalam mengeksporasi ide-ide dari para pemuda dan mahasiswa.

"Keterlibatan mahasiswa dan pemuda dari masing-masing kabupaten di Sulbar, tentunya diharapkan gerakan ini dapat membawa perubahan pada bidang tanah dan tata ruang di provinsi ini,"kata Idris

Disampaikan, belakangan ini tanah dan ruang menjadi issue yang sensitive dan selalu menimbulkan polemik dalam masyarakat, dikarenakan terjadi pengaturan tanah dan pertanahan menyangkut hajat hidup orang banyak. Sama halnya dengan penataan ruang yang ramah lingkungan.

"Rencana tata ruang itu terdiri dari pola ruang setiap kawasan itu diatur, sehingga segala aktivitas masyarakat terkait tanah dan ruang harus terfasilitas dengan rencana tata ruang wilayah bencana banjir dan tanah longsor yang terjadi,"tandasnya

Sebab itu, sambungnya, masyarakat utamanya para pemuda dan mahasiswa harus mengetahui dan paham regulasi, sehingga masyarakat tidak akan salah dalam penggunaan dan pemanfaatan tanah dan ruang.

Dia juga menyampaikan, kondisi terkini di tengah semangat pemerintah pusat dalam perencanaan membangun calon Ibu Kota Negara (IKN) baru di Kalimantan Timur, Sulbar sebagai salah satu daerah penyangga calon ibu kota baru, warga Sulbar khususnya para pemuda sangat diharapkan untuk ikut berpartisipasi menjaga dan ikut peduli terhadap tanah dan ruang.

“Pemuda dituntut untuk peduli dan mau belajar tentang hukum pertanahan dan penataan ruang agar para pemuda bisa paham tentang struktur penguasaan, pemilikan, pemanfaatan tanah dan pelestarian lingkungan, dan diharapkan menjadi agen perubahan sekaligus corong untuk mengedukasi masyarakat serta siap berkontribusi,"ucapnya 

Kepala Kantor Wilayah BPN Sulbar, Hardian mengatakan, Komunitas Peduli Tanah dan Ruang dapat berperan aktif ke depan untuk mensosialisasikan semua kebijakan-kebijakan di bidang tanah dan ruang, agar tanah dan ruang dapat berkelanjutan. 

"Tanah dan ruang bukanlah warisan dari nenek moyang, tapi titipan dari generasi yang akan datang. Artinya, harus kita serahkan kembali ke generasi yang akan datang dalam kondisi yang baik,"kata Hardian

Dia berharap, semua pihak dapat mendukung kegiatan itu dan memanfaatkan para pemuda untuk ikut dalam program itu.

"Hari ini kita mencatat sejarah baru yang diawali di Sulbar dengan mencanangkan Pemuda Peduli Tanah dan Ruang Berkelanjutan. Semoga gerakan kita ini menjadi virus di Indonesia, seperti yang dikemukakan pimpinan di kementerian, bahwa ke depan gerakan ini menjadi gerakan nasional,"harapnya (jemmi)

 

Read 181 times Last modified on Kamis, 31 Maret 2022 12:17
(0 votes)