17 Jun 2021

Idris Tekankan Dana DAK Harus Sesuai Peruntukan

 

 Rapat koordinasi Dana Alokasi Khusus (DAK) Fisik Reguler Bidang Sekolah Menengah Atas (SMA) tahun Anggaran 2021 yang diselenggarakan Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Sulbar di Hotel Berkah Mamuju, Rabu 16 Juni 2021. 

Sekprov Muhammad Idris pada kesempatan tersebut menitipkan harapan kepada semua yang menjadi penanggung jawab dari DAK fisik reguler menjalankan tanggung jawab .

" Tidak hanya komitmen afektif saja, tapi juga komitmen normatif dan memahami tanggung jawab sebagai tugas yang mulia bukan untuk menyalahgunakan kesempatan , karena tindakan yang seperti itu tidak akan memberikan manfaat jangka panjang. Karenanya, DAK jangan hanya semata-mata dilihat dari dimensi-dimensi input saja, harus dievaluasi, jadi bukan hanya inputya saja yabg harus dibanggakan, tapi negara menyiapkan imi untuk mendorong hasilnya, harus seimbang antara input dan output," tandas Idris

Masih kata Idris,tantangan terberat Sulbar salah satunya dalam pembentukan kualitas adalah Indeks Pembangunan Manusia (IPM) . Oleh karena itu , pentingnya memastikan bahwa dana DAK ini memang diperuntukkan tiada lain adalah untuk memenuhi standar

" Sulbar bisa menjadi berkualitas dalam sektor pendidikan jika memiliki bingkai yang baik dalam pengelolaan dan salah satu yang menjadi penentu kualitas itu adalah infrastruktur fasilitas-fasilitas pendidikan contoh ruangan-ruangan yang memotivasi daya semangat belajar.Siapapun yang bekerja ataupun mengerjakan dan yang terlibat didalamnya atau yang menjadi pengelola di sekolah itu adalah mengetahui pasti standarnya seperti apa karena kalau tidak tahu standar kita tidak tahu mengevaluasi untuk itu saya meminta kepada kawan-kawan, serius dalam mengikuti proses tahapan ini karena ini penilaian, kesalahan-kesalahan tahun lalu jangan diulangi kembali dan catatan-catatan ini harus dikoreksi," imbuhnya.

Rapat DAK reguler dilaksanakan bekerjasama dengan beberapa OPD lingkup pemprov Sulbar yang terdiri dari Dinas PUPR, Bappeda, BPKPD, Inspektorat, ULP (Unit Layanan Pengadaan) serta beberapa kepala sekolah menengah atas dan acara ini akan berlangsung selama tiga hari terhitung dari tanggal 16 sampai dengan 18 Juni 2021. (Ayu)

Read 731 times
(1 Vote)
  1. Popular
  2. Recent
  3. Comments