08 Apr 2021

Sekprov Sulbar Buka TOT Pengelola Bumdes/Bumdesma

Sekprov Sulbar Muhammad Idris membuka acara Training Of Trainer (TOT) Pengelola Bumdes/Bumdesma Tingkat Provinsi Sulawesi Barat di Hotel Villa Bogor Majene, Rabu 7 April 2021.

Kegiatan yang diselenggarakan Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (PMD) Provinsi Sulawesi Barat tersebut, mengusung tema, Revitalisasi Bumdes/Bumdesma Menuju Kemandirian Di Provinsi Sulawesi Barat.

Dalam sambutannya, Sekprov Sulbar Muhammad Idris mengatakan, pada 2014 penyelenggaraan pemerintahan desa menjadi program yang luar biasa dan undang-undang Nomor 6 Tahun 2014 tentang Desa (UU Desa) adalah pintu baru atau strategi mengabadikan salah satu hal, bahkan banyak hal harus dikembangkan di desa. 

"Undang-Undang pemerintahan desa memberikan kekuasaan khususnya membuat desa lebih terbuka pada beberapa hal, yaitu dari dimensi politik, sosial dan ekonomi, sehingga tidak ada satupun desa di Indonesia yang tidak memanfaatkan peluang pengembangan kapasitas desa,"ucap Idris

Untuk itu, kata Idris, semua peluang-peluang pengembangan, pembangunan, serta pemberdayaan desa bisa segera disejalankan dan disediakan.

Melalui kesempatan itu, Idris mengapresiasi calon pendamping desa yang selama ini banyak informasi positif, bahwa apa yang dikembangkan di desa betul-betul mendampingi desa dari parameter pengetahuan, walaupun masih ada kendala-kendala di lapangan.

“Para pendamping desa harus membangun kesamaan pemahaman mengikuti TOT. Oleh karena itu saya meminta kesungguhan dan manfaatkan hari ini untuk bersiap menjadi pengelola Bumdes/Bumdesma,"ujar Idris

Ia menambahkan, Bumdes/Bumdesma adalah Badan Usaha Milik Desa Bersama yang sebagian atau seluruh modalnya dimiliki oleh pemerintah guna mendorong kreatifitas.

"Bumdes/Bumdesma bisa berkembang karena dibelakangnya ada orang-orang yang memiliki kreatifitas, mengenai usaha-usaha yang ada di desa dan selalu berbasis pada potensi desa,"tambahnya (hamzah)

 

Read 563 times
(0 votes)