11 Nov 2020

DWP Diharap Kuasai Penggunaan Teknologi Informasi

 

Kominfo Sulbar-- Dharma Wanita Persatuan (DWP) Sulbar menggelar bimbingan teknis (bimtek), tentang peran DWP sebagai mitra dalam penguatan kapasitas ASN dan pengelolaan data digitalisasi anggota dan pengurus DWP Sulbar, Selasa 10 November 2020.

Berlangsung di rumah jabatan Sekprov Sulbar, kegiatan yang dilaksanakan secara daring tersebut, dibuka langsung oleh Penasehat DWP Sulbar, Ny. Andi Ruskati Ali Baal.

Dalam sambutannya, Penasehat DWP Sulbar, Ny. Andi Ruskati Ali Baal. mengatakan, dengan kondisi masa new normal pelaksanaan kegiatan banyak dilaksanakan secara online atau daring, dan adanya program data digitalisasi oleh semua anggota DWP, maka diharapkan Ibu-ibu DWP bisa memahami dan menguasai penggunaan teknologi informasi.

"Kami berharap ini bisa meningkatkan kualitas SDM yang ada dan dapat mempergunakan teknologi yang tepat untuk memperlancar seluruh kegiatan yang ada saat ini, maupun yang akan datang,"ucap Andi Ruskati

Disampaikan, teknologi informasi berkembang demikian pesatnya sehingga suka atau tidak suka, mau atau tidak mau semua harus mengupdate diri beradaptasi dengan cepat agar tidak tertinggal, terkhusus dalam mendukung prestasi kinerja dan produktifitas suami sebagai seorang ASN yang ada di Sulbar.

Andi Ruskati berharap, melalui bimtek DWP dapat menunjukkan eksistensinya sebagai mitra kerja yang mendukung pencapaian kinerja ASN dan menjadi contoh dalam penerapan data digitalisasi dengan menguasai teknologi informasi.

Sekprov Sulbar, Muhammad Idris, selaku pemateri dalam kegiatan itu, mengatakan, peran utama DWP adalah mendukung proses kinerja suami sebagai seorang ASN agar semakin baik.

"Saya percaya betul, kalau ada suami yang kinerjanya lebih baik dalam memimpin organisasinya, pasti kontribusi dari dharma wanitanya bagus,"ucap Idris

Idris berharap, DWP bisa memastikan suami sebagai seorang ASN dapat melaksanakan tugasnya dengan baik dan memberikan pelayanan sepenuh hati, serta dapat merekatkan persatuan bangsa.

Melalui kesempatan itu, Idris menekankan empat hal yang sangat membutuhkan peran dari DWP, yakni mengelola spirit suami, mengelola keuangan keluarga, menjaga keutuhan keluarga dari perceraian dan menghalau narkoba masuk dalam lingkungan keluarga. 

Ketua DWP Sulbar, Ny. Kartini Hanafi Idris, menyampaikan, Ibu sebagai seorang anggota dharma wanita mempunyai kewajiban dalam mendukung suami untuk mampu melaksanakan tugas dan kewajiban sebagai seorang ASN.

Kartini menekankan, dalam mendukung kinerja suami DWP harus terus mengembangkan kemampuan dan kapasitasnya yang dapat menjadi bekal untuk melayani masyarakat.

Olehnya itu, sambungnya, DWP harus mampu melakukan adaptasi dengan perkenbangan zaman khusunya di era digital seperti saat ini.

"Dalam mengikuti era digitalisasi sekarang ini, anggota DWP selayaknya melek terhadap perubahan, bahkan dapat menjadi agen perubahan. Untuk itu diharapkan kerjasama dari semua anggota DWP dapat mengisi aplikasi data secara digitalisasi, sehingga penerapan data digitalisasi dapat tercapai,"ucapnya

Ia menambahkan, di era modern seperti saat ini dituntut untuk serba cepat, mudah dan instant. Untuk mencapai kondisi tersebut dibutuhkan teknologi digital.

"Salah satu hal yang dibutuhkan dalam pengembangan suatu organisasi adalah adanya data dan dokumentasi, yang dimulai dari pengelolaan data dan terdokumentasikan dengan baik, serta mudah diakses akan tetapi tetap aman,"tambahnya (mhy)

 

 

Read 648 times
(0 votes)