19 Agu 2020

Idris: Manfaatkan Pangan Lokal, Jangan Hanya Jargon

 

Kominfo Sulbar-- Menteri Pertanian Republik Indonesia (Mentan RI) , Syahrul Yasin Limpo, mencanangkan gerakan diversifikasi pangan lokal secara nasional, Rabu 19 Agustus 2020.

Pencanangan berlangsung di Kantor Pusat Kementerian Pertanian RI, yang diikuti secara virtual oleh para gubernur, bupati dan Wali kota se-Indonesia. 

Untuk Pemprov Sulbar, kegiatan itu diikuti  oleh Sekprov Sulbar Muhammad Idris didampingi Ketua DWP Sulbar, Kartini Hanafi Idris, secara virtual di ruang Auditorium lantai 4 Kantor Gubernur Sulbar.

Dalam arahannya, Mentan RI Syahrul Yasin Limpo, meminta para gubernur  mendukung pencanangan gerakan diversifikasi pangan lokal dengan bersama-sama  mensukseskan kegiatan itu.

"Mohon kita bekerjasama yang baik, dimanapun saya siap membantu pak gubernur itu tugas saya, baik secara langsung, melalui surat, maupun telepon akan selalu siap,"ucap Syahrul

Selain itu, Syahrul juga mengajak  bersama-sama mendorong semua produk UMKM pertanian non beras dari Sabang sampai Merauke untuk bisa diekspor.

Ia menambahkan, masalah pertanian adalah masalah yang pasti bisa menunjang semua orang di seluruh dunia dan dapat menjadi solusi bagi semua tantangan-tantangan kehidupan dalam kondisi apapun, termasuk menghadapi pandemi Covid-19.

Sementara itu, dalam sesi wawancara usia kegiatan, Sekprov Sulbar, Muhammad Idris mengatakan, semua pihak yang hadir dalam kegiatan tersebut memberikan support atas pencanangan gerakan diversifikasi pangan lokal tersebut. 

Adanya kegiatan itu, lanjut Idris, sekaligus dijadikan sebagai momen terbaik di HUT RI ke-75 untuk memastikan pemanfaatan bahan pangan lokal dapat diwujudkan, demi ketahanan pangan. 

"Mari kita manfaatkan momen terbaik ini agar pangan lokal itu betul-betul bukan hanya dijadikan sebagai jargon saja. Alangkah ruginya kita apabila daerah kita yang kaya ketersediaan bahan baku pangan lokal, justru kita tidak manfaatkan demi ketahanan pangan. Ini suatu pekerjaan yang tidak mudah kita eksekusi, tetapi itu misi perjuangan bersama untuk kita wujudkan,"pungkas Idris

Mewujudkan hal tersebut, Idris mengajak setiap kabupaten mulai saat ini mambangun komitmen bersama membuat program yang lebih kongkrit dan juga mengatasi masalah-masalah yang tidak boleh dibiarkan, seperti masalah permodalan, pasar dan kualitas pangan lokal.

"Kalau ada daerah bermasalah mengenai pembinaan UMKM dari aspek permodalan, kita harus bantu selesaikan dan sekarang  ada skema bantuan yang luar biasa. Itu yang harus kita lakukan dan provinsi harus punya komitmen ke arah situ, sehingga keinginan membangun kesadaran penggunaan bahan pangan lokal tidak hanya terus berulang, tanpa ada eksekusi karena keterbatasan tadi,"tandasnya

Dipenghujung kegiatan, Sekprov Sulbar bersama para undangan mengunjungi pameran UMKM Pangan Lokal dari kabupaten se-Sulbar dan diakhiri makan bersama. Menu yang disediakan berupa pangan lokal, seperti pisang, ubi, sagu dan lainnya.

Turut hadir dalam kegiatan itu, para Asisten dan pimpinan OPD lingkup Pemprov Sulbar, sejumlah pimpinan Instansi Vertikal, serta undangan lainnya. (mhy)




Read 685 times
(0 votes)