02 Jun 2020

Pemprov Sulbar Siapkan Pasar Tradisional TPI Jadi Lokasi Lomba Inovasi Daerah

 

Kominfo Sulbar-- Dalam rangka lomba inovasi pengembangan daerah menyambut new normal Covid-19 yang digelar oleh Kemendagri, Pemprov Sulbar  melakukan rapat pemantapan terkait hal tersebut di ruang pertrmuan lantai 2 Kantor Gubernur Sulbar, Senin, 1 Juni 2020.

Rapat yang dipimpin Sekprov Sulbar, Muhammad Idris tersebut, menyepakati bahwa salah satu lokasi yang akan dipilih untuk ikut dilombakan adalah pasar tradisional yang berada di kawasan Tempat Pelelangan Ikan (TPI) Mamuju. 

 

Dalam rapat tersebut, membahas mengenai persiapan pembenahan Pasar Tradisional TPI Mamuju dengan konsep penerapan  protokol kesehatan Covid-19.

 

Sekprov Sulbar, Muhammad Idris, mengatakan, Kemendagri RI  berupaya mendorong model baru setelah menghadapi pandemi Covid-19 yang  membuat situasi menjadi tidak normal.

 

"Kemendagri RI ingin mendorong sebuah model baru,  maka dibuatlah lomba inovasi daerah ini,,"ucap Idris

 

Menurut Idris, pada lomba inovasi itu menekankan agar melakukan interaksi baru dengan pendekatan protokol kesehatan Covid-19.

 

"Saya melihat lomba ini ingin memastikan sektor-sektor yang kita pilih ada praktek baru yang disepakati dan akhirnya terpolakan, terlembagakan dan terinstitusionalisasi menjadi sebuah praktek baru,"ungkap Idris

 

Olehnya itu, Idris menekankan, dalam pembenahan Pasar Tradisional TPI Mamuju konsepnya harus dibuat dengan menerapkan protokol kesehatan, seperti penggunaan masker, kaos tangan, hand zanitizer, tempat pencucian tangan, serta pengaturan jarak fisik dan termasuk juga pengaturan pintu masuk dan keluar ke lokasi itu

 

Disamping itu, sambung Idris, kondisi fisik pada sektor  tersebut harus juga diperhatikan, agar tidak terlihat kumuh atau  lingkungannya terlihat tidak sehat.

 

Idris berharap, dalam pembuatan video pada sektor yang diperlombakan tersebut dapat menggambarkan seluruh aktifitas di dalamnya dan kondisi fisiknya, baik sebelum menerapan protokol kesehatan Covid-19, maupun sesudahya agar lebih menarik

 

Asisten Bidang Perekonomian dan Pembangunan Pemprov Sulbar, Muh. Hamzah, mengatakan, pertemuan tersebut untuk menyimpulkan berbagai persiapan yang akan dilakukan, untuk pembenahan Pasar Tradisional TPI Mamuju sesuai protokol kesehatan Covid-19.

"Kita sudah dua hari ini berada di lokasi dan semoga hari ini kita dapat simpulkan dan segera melakukan aksi dilapangan untuk melakukan segala persiapan,"kata Hamzah

 

Hamzah menekankan, segala persiapan perlu segera dilakukan terutama dalam penyediaan video sektor yang diperlombakan,  mengingat waktu persiapan sangat terbatas.

 

"Waktunya sangat terbatas, persiapan tinggal tujuh hari lagi, sehingga paling lambat 8 Juni 2020 videonya harus sudah terkirim ke pusat,"tandas Hamzah

 

Sehubungan hal tersebut, Hamzah meminta Dinas Kominfo, Persandian dan Statstik Sulbar, membuat jadwal pengambilan atau pembuatan video sektor yang diperlombakan

 

Dalam pertemuan tersebut,  terdapat penambahan tiga sektor lain yang disepakati untuk didorong mengikuti lomba inovasi daerah, yakni PTSP, transportasi dan pasar modern.

 

Diketahui, lomba inovasi itu digelar pemerintah pusat melalui Kemendagri RI, yang diikuti seluruh pemeritahan daerah, baik provinsi, kabupaten, maupun kota,  dengan menetapkan tujuh sektor yang akan diperlombakan, yakni sektor pasar tradisional, pasar modern, restoran, hotel, PTSP, tempat wisata dan transportasi umum.

 

Sedangkan, output sektor yang diperlombakan tersebut, dibuat dalam bentuk video yang bisa menggambarkan protokol kesehatan dijalankan. 

Untuk tahapan penilaian lomba, sosialisasi pelombaan dimulai 29 Mei 2020, pembuatan dan pengiriman video 1-8 Juni 2020, kemudian penilaian 9-12 Juni 2020, dan pengumuman pemenang 15 Juni 2020. (mhy)

 

? KOMINFO SULBAR

 

Sekprov Sulbar, Muhammad Idris memimpin rapat tim inovasi daerah pasar tradisional TPI peduli COVID-19 yang berlangsung di Ruang Rapat lantai II Kantor Gubernur Sulbar, Senin 01 Juni 2020

Read 907 times
(0 votes)
  1. Popular
  2. Recent
  3. Comments