26 Sep 2018

Pembukaan Festival Karampuang Membuka Gerbang Pariwisata

Festival Karampuang diharapkan dapat memberikan manfaat yang besar pada sektor kepariwisataan di Sulbar, sehingga dapat mengangkat perekonomian dan kesejahteraan masyarakat.Hal itu disampaikan Gubernur Sulbar Ali Baal Masdar dalam sambutannya saat membuka Festival Karampuang di Anjungan Pantai Manakarra, Jumat 21 September 2018.Ali Baal mengatakan, dalam memajukan sektor kepariwisataan, bukan hanya menyajikan potensi sumber daya alam (SDA) saja, namun yang terpenting adalah bagaimana mengedepankan kebudayaan.

“Dalam pariwisata tidak hanya melihat yang indah-indah, seperti alamnya, hotelnya dan lain lain, namun juga melihat budayanya, kalau budayanya tidak ada maka orang tidak mau datang, sebab budaya adalah pintu gerbang pariwisata, “sebut Ali Baal. Masih kata lelaki dua anak tersebut, banyaknya potensi yang dimiliki Sulbar khususnya pada sektor kepariwisataan, sehingga Ia menekankan, agar masyarakat Sulbar mampu berkreasi dan berinovasi dalam sektor tersebut dan apa yang dihasilkan itu dapat dipasarkan di daerah lain, bahkan juga ke negara lain.“potensi yang kita miliki tidak kalah dengan negara lain, tinggal bagaimana kita memanfaatkannya. Nah melalui festival seperti inilah, kita harus dapat berkreasi dan berinovasi, namun jangan merubah yang sudah ada, “imbau Ali Baal.

Pada kesempatan itu, guna memajukan sektor kepariwisataan di Sulbar, Gubernur berpesan kepada Dinas Pariwisata untuk lebih menggalakkan kegiatan-kegiatan festival baik pada bidang kebudayaan, kesenian dan lainnya. Kepada Dinas Pariwisata kalau bisa setiap tahunnya adakan festival, seperti kecapi, sayang-sayang, tari-tarian dan lainnya.Kepala Dinas Pariwisata Sulbar Farid Wadji mengatakan, tujuan pelaksanaan kegiatan itu untuk memperkenalkan potensi wisata, seni, budaya dan kearifan lokal Sulbar melalui event pariwisata daerah.

Selain itu, menurut Farid kegiatan itu juga dalam rangka mendukung pelaksanaan Hari Ulang Tahun ( HUT ) Sulbar ke 14 tahun.Dikemukakan pula, bahwa selama tiga hari pelaksanaan festival tersebut, terdapat beberapa rangkai kegiatan yang akan dilaksanakan pada dua tempat, diantaranya pameran pariwisata, pagelaran antraksi kesenian dan karnaval budaya yang akan berlangsung di Anjungan Pantai Manakarra, sedangkan aksi bersih pantai, dialog pariwisata, sepeda jelajah wisata, serta aksi skin diving akan diadakan di pulau Karampung.

Usai acara pembukaan Gubernur Sulbar Ali Baal Mandar bersama Wakil Bupati Mamuju , Irwan Pababari didampingi Kepala Dinas Pariwisata Sulbar dan Kepala Dinas Kehutanan Fachruddin mengunjungi stand pameran Dinas Pariwisata Kabupaten se–Sulbar, BKKBN Sulbar dan pelaku industri pariwisata

Read 1114 times
(0 votes)