15 Jul 2017

Wagub Sulbar Beri Sambutan Di Acara HUT Mamuju ke 477 Tahun

Mamuju sebagai Ibu Kota Provinsi Sulawesi Barat , pada Jumat 14 Juli 2017 telah diramaikan dengan pernak-pernik pakaian adat yang dikenakan baik dari unsur para Pemangku Adat, Birokrasi, dan Legislatif. Ini semua dikarenakan setiap tanggal 14 Juli, Pemerintah Kabupaten Mamuju memperingati sebagai Hari Ulang Tahun (HUT) Mamuju .

Sementara itu ditempat yang sama Wakil Gubernur Sulawesi Barat,  Hj. Enny Anggraeni Anwar dalam memberikan sambutannya di arapat paripura,  berharap kiranya kebersamaan ini dapat terus di bangun dipelihara dan dipertahankan dalam upaya memajukan daerah ini. Kebersamaan yang telah kita bangun dan dipelihara kiranya dapat dipertahankan dalam memajukan daerah ini. sebagai pusat Ibukota Provinsi Sulbar,Ujar Mantan Anggota DPR RI ini.

  Sebagai aktualitas dari dimensi Budaya pada peringatan hari jadi Mamuju, berbagai aktivitas budaya dan adat isitiadat di selenggarakan di tahun ini, seperti sitammu ujuq, penobatan putra mahkota kerajaan mamuju dan pelantikan lembaga adat gala’gar pitu prosesi massossor manurung, pertunjukan dan lomba permainan rakyat pameran kerajinan manakarra fair 2017, launching kamus bahasa mamuju yang sudah disempurnakan oleh tim penyusun, pemberian pin penghargaan, penyajian makanan tradisional dari seluruh OPD serta penggunaan pakaian adat dengan motif etnis khas Daerah Mamuju sekomandi.

Tahun 2017 merupakan HUT ke-477 yang  ditandai dengan berlangsungnya rapat paripurna istimewa di Ballroom D’Maleo Hotel Mamuju. Ketua DPRD Mamuju, Hj. Siti Suraidah Suhardi, SE, M.Si yang membuka dan memimpin langsung rapat tersebut dan dihadiri Wagub Sulbar Enny Anggraeni Anwar., Bupati Mamuju Hapsi Wahid,wakil Bupati Mamuju. .

.“di hari yang bahagia ini akan jadi momentum yang sangat berkesan bagi kita semua di Bumi Manakarra ini, sebab hari jadi mamuju yang ke-477 tahun akan menjadi muara dari agregasi  dan artikulasi segenap kepentingan dari setiap elemen kehidupan sosial, sehingga hari ini kita meyakini sebagai momentum yang penting bukan hanya sebagai tatanan warga Mamuju tetapi sebagai tatanan kehidupan anak bangsa secara keseluruhan”. Ungkap Suraidah. 

Sedangkan sambutan Bupati Mamuju H. Habsi Wahid  mengatakannya dalam kurun waktu satu tahun lima bulan dalam mengembang amanah rakyat untuk memimpin daerah ini mengajak seluruh lapisan masyarakat untuk menjadikan momentum ini sebagai pemberi semangat dalam memajukan daerah ini.

“Saya bersama  Wakil Bupati Mamuju . Irwan SP Pababari selaku Bupati dan Wakil Bupati Mamuju mengajak seluruh lapisan masyarakat tanpa terkecuali dimanapun dan apapun jabatan dan profesi saudara, untuk menjadikan peringatan ini sebgai momentum pemberi semangat, inspirasi, dan motifasi untuk mengisi setiap detik ruang waktu perjuangan kehidupan”. Urai Habsi.

Pemerintah telah memperioritaskan 3 program yang mendukung aspek tersebut, Peningkatan layanan pendidikan gratis, peningkatan pembangunan ekonomi pertanian, ekonomi keratif dan investasi, peningkatan kesejahteraan penanggulangan kemiskinan dan pembinaan kegamaan. Terangnya. HUT Mamuju yang ke-477, kali ini juga di hadiri oleh, Wakapolda Sulbar, Kepala BNN Prov. Sulbar, Danrem 142 Tatag Mamuju, Kepala Bank Indonesia, Kepala Pengadilan Negeri, Kepala Kejaksaan Negeri, Bupati dan Wakil Bupati Mamuju Tengah, Bupati Majene, Bupati Mamasa, Dandim 1418 Mamuju, Kapolres Mamuju, Lantamal Mamuju, Maradika Mamuju, Raja Bantaeng, dan Gala’gar Pitu Kerajaan Mamuju

Read 1106 times Last modified on Sabtu, 15 Juli 2017 11:20
(0 votes)