04 Feb 2020

Ruskati Dorong Peningkatan Asupan Energi Dan Protein

PEMPROV SULBAR-- Ketua BKMT Sulbar Andi Ruskati Ali Baal mendorong peningkatan asupan energi dan protein, melalui upaya pemberikan asupan makanan berbasis pangan lokal pada ibu hamil, ibu menyusui, bayi, anak dan remaja.

" Pemberian makanan berbasis pangan lokal baik pada ibu hamil, ibu menyusui, bayi, anak dan remaja merupakan salah satu strategi yang baik untuk peningkatan asupan dan juga merupakan salah satu media edukasi kepada masyarakat untuk mengetahui menu yang baik untuk dikomsumsi, agar tidak mengalami devisit asupan energi dan protein," kata Andi Ruskati Ali Baal, yang juga Ketua TP. PKK Sulbar, saat membuka kegiatan pemeriksaan kesehatan dan One Egg One Day, di Mesjid Ainun Sahab  Landi, Kecamatan Simboro, Mamuju, Minggu , 2 Februari 2020.

Disampaikan, upaya perbaikan gizi masyarakat merupakan salah satu amanat undang-undang kesehatan Nomor 36 Tahun 2009, yang ditujukan untuk peningkatan mutu gizi perseorangan dan masyarakat yang dilakukan pada seluruh siklus kehidupan sejak dalam kandungan sampai lanjut usia,  dengan prioritas pada kelompok rawan seperti bayi, balita, remaja perempuan, ibu hamil dan ibu menyusui. 

Melalui kesempatan itu, Andi Ruskati Ali Baal, mengungkapkan, berdasarkan hasil survei Pemantauan Status Gizi (PSG)  sejak 2015 sampai 2017, menunjukkan prevalensi angka balita kurus mengalami penurunan dari 11,9 persen di 2015, menjadi 8,9 persen di 2017. Sedangkan dengan prevalensi balita pendek mengalami peningkatan dari 38,4 persen pada 2015 menjadi 40,1 persen di tahun 2017. 

Untuk status gizi, lanjut Andi Ruskati Ali Baal,  konsumsi gizi pada balita menunjukkan lebih dari separuhnya atau 71,1 persen mempunyai asupan energi kurang, begitupun dengan asupan protein yang sebanyak 46,4 persen.

Ia menambahkan, Indonesia saat ini sedang dihadapi dengan masalah "triple burden" yaitu stunting dan wasing masih tinggi, masalah gizi, obesitas dan kekurangan zat gizi mikro. 

Read 646 times
(0 votes)