17 Sep 2019

Menyambut Ultah Sulbar Ke 15, Pemprov Gelar Porseni Dan Festival Karampuang

Menyambut Hari Ulang Tahun (HUT) Sulbar ke-15, Pemprov Sulbar menggelar pembukaan Pekan Olahrga dan Seni (Porseni) untuk external yang dirangkaikan dengan pembukaan Festival Karampuang, Senin 16 September 2019, di Anjungan Pantai Manakarra Mamuju. Dibuka secara resmi oleh Gubernur Sulbar Ali Baal Masdar dengan melakukan penekanan tombol sirine.

Pada sambutannya, Gubernur Sulbar Ali Baal Masdar, berpesan agar seluruh peserta Porseni dan Festival Karampuang dapat berkompetisi dengan baik.
"Saya ucapkan selamat datang kepada para peserta, berkompetisilah dengan baik dan semoga kegiatan ini dapat berjalan dengan baik dan sukses,"harap Ali Baal

Kepala Dinas Kepemudaan dan Olahraga Sulbar, Muhammad Hamzih, mengatakan, Porseni tersebut merupakan bagian dari upaya menumbuhkembangkan semangat kebersamaan dan kejuangan, serta persatuan dalam membangun Sulbar yang maju dan malqbi.
"Kegiatan porseni ini menjadi penting dan amat penting, karena bersamaan dengan peringatan hari jadi Sulbar ke-15, sebagai tahun era industri four point zero atau empat titik nol,"kata Hamzih.

Lomba porseni external tersebut akan dilaksanakan mulai 16 sampai 21 September dan diikuti peserta dari enam kabupaten se-Sulbar, instansi vertikal, lembaga pemerintah dan swasta.
Dalam tahap ini, cabang olahraga yang dipertandingkan sebanyak lima yakni sepak bola, bulu tangkis, bola volley putera, sepak takraw dan tennis lapangan. Sedangkan cabang seni sebanyak dua, yakni peragaan busana dan nyanyi solo masing-masing putera dan puteri.

Selain sejumlah kegiatan lomba tersebut, juga terdapat kegiatan lainnya, seperti diskusi lintas generasi dan malam hiburan.
Adapun hasil lomba pada Porseni tahap pertama antar OPD lingkup Pemprov Sulbar, yang keluar sebagai juara umum pertama adalah Dinas Kepemudaan dan Olahraga Sulbar, dengah meraih empat emas dan satu perunggu, juara umum dua Dinas Pendidikan dan Kebudayaan dengan dua emas, satu perak dan satu perunggu, serta juara umum tiga Satpol PP dengan dua emas dan satu perunggu.

Terkait pelaksanaan Festival Karampung, Kepala Dinas Pariwisata Sulbar, Farid Wadji, mengatakan, Festival Karampuang dilaksanakan untuk mempromosikan destinasi pariwisata dan budaya yang ada di Sulbar
"Kegiatan ini dalam rangka meningkatkan kunjungan wisatawan di Sulbar, khususnya di Mamuju sebagai ibu kota provinsi"kata Farid

Disampiakan, kegiatan itu akan dilaksanakan pada dua tempat, yakni di Pulau Karampuang dan Anjungan Pantai Manakarra Mamuju.
Berbagai kegiatan yang akan dilaksanakan dalam Festival Karampuang, diantaranya, pertunjukan seni dan pameran hasil kerajinan tangan.

Adapun peserta kegiatan berasal dari enam kabupaten se-Sulbar, sanggar seni dan pelajar SMA/sederajat yang ada di Mamuju.
Pelaksanaan Porseni diawali dengan defile peserta lomba, sedangkan untuk Festival Karampuang, dimeriahkan karnaval yang diikuti Marching Band Langga Monar, Puteri Kebudayaan Sulbar 2019, Generasi Pesona Indonesia (Genpi) Sulbar dan pelajar SMA/saderajat Mamuju.

Hadir pada kesempatan tersebut Wagub Sulbar, Enny Amggraeni Anwar, instansi vertikal, pimpinan OPD, perwakilan kabupaten dan lainnya.

Read 779 times
(0 votes)