11 Feb 2019

Pelatihan Penggunaan Aplikasi Perkantoran Maya (Simaya)

Biro Umum dan Perlengkapan Sekretariat Daerah Provinsi Sulbar melaksanakan pelatihan penggunaan aplikasi perkantoran Maya (Simaya). Kegiatan tersebut digelar di lantai III kantor Gubernur Sulbar pada hari Senin,(11/02/2019). Dibuka oleh Sekprov Sulbar Muhammad idris yang diampingi Asisten III, Djamila serta kadis Kominfo Sulbar Muzakkir Kulasse serta pemateri Ridwan Djafar dan peserta pelatihan dari masing-masing OPD Lingkup Sulbar.  

Pada penyampaian sekprov Sulbar,Idris,sangat mengapresiasi terkait pelatihan sistem aplikasi perkantoran atau disebut dengan nama SiMaya.  Apalagi dizaman era globalisasi, pemanfaatan tekonologi digital sangat berperan aktif pada era saat ini.Jika pemanfaatan tekonologi digital dapat dlakukan secara maksimal dalam pemerintahan,tentunya akan berdampak pada peningkatan efektivitas dan efesiensi dalam pemerintahan."Transformasi budaya kerja dari sistem manual menuju transaksi digital dalam pemerintahan menjadi sebuah tuntutan terlebih setelah diatur dalam Prepres Nomor 95 tahun 2018 tentang sistem pemerintahan berbasis elektornik,ujar Idirs. Untuk itu, Idris mengajak bersama-sama mulai star untuk melakukan trasformasi tata kelola pemerintah diprovinsi Sulbar  dengan sepenuh hati.Terkait aplikasi  tentang si maya ini dalam penyebutan,  begitu seksi sehingga lebih bersemangat menyebutnya. Sehingga kita tentu harus memiliki komitmen untuk dapat segera Move On keluar dari kebiasaan kita yang selama ini yang tidak bergerak cepat dalam tata naskah dinas."Kita harus keluar dari kebiasaan rutinitas, menjadi situasi yang baru, menjadi kita lebih percaya diri dalam mebangun serta berinteraksi di Republik ini. Aplikasi budaya dikembangkan berdasarkan tata naskah dinas elektronik yang dikeluarkan oleh Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara (Menpan)no 6 tahun 2011 mengenai tata naskah elektronik dilingkungan isntansi pemerintahan,Ujarnya. 

Lanjut disampaikan Idris bahwa dulunya semuanya berbasis manual sekarang kita berada dalam dunia maya dalam pengelolaan sistem  birograsi di sulbar. Diharapkan dengan adanya pemanfaatan teknologi aplikasi ini bisa mendukung kinerja admnistrasi pemerintahan di Sulbar. Walaupun pelatihan yang dilaksanakan ini agak terlambat, namun bagi saya, tidak ada kata terlambat, selagi kita mau belajar dan mau move on keluar dari kebiasaan yang lama. Sehingga dapat menghasilkan efesiensi dan efektivitas dalam birograsi yang ada dipemerintahan. "yang dulunya memaka kertas lebih banyak dalam persuratan, kini dengan adanya aplikasi tentunya akan lebih efisien atau lebih berkurang, segi anggaran pun tentunya akan berdampak pada penghematan anggaran dalam belanja alat tulis. kalau kita bisa lebih efisien maka diharapkan pula akan dapat meningkatkan kesejahteraan pegawai dalam penerimaan TPP,Katanya.

Setelah terlaksana efisien maka diharapkan pula pada efektivitas kinerja akan lebih cepat dalam menstimulasi kinerja pemerintah secara keseluruhan,tutur Idris yang dilanjutkan dengan membuka langsung kegiatan pelatihan penggunaan aplikasi perkantoran Maya (Simaya).

 

 

 

  

 

 

 

Read 1083 times Last modified on Senin, 11 Februari 2019 21:00
(0 votes)