20 Des 2018

Rapat Evaluasi Kinerja 2018 dan Pemantapan Rencana Kerja 2019

 Rabu, 19 Desember 2018, Gubernur Sulbar, Ali Baal Masdar bersama Wagub Sulbar, Enny Anggraeni Anwar dan Sekprov Muhammmad Idris Rapat Evaluasi Kinerja 2018 dan Pemantapan Rencana Kerja 2019, di ruang Auditorium lantai 4 Kantor Gubernur Sulbar. Dihari kedua, tersisa 28 Organisasi Perangkat Daerah (OPD) lingkup Sulbar, melakukan presentase terkait capaian kinerja dalam merealisasikan penyerapan anggaran pada 2018.
Seperti pada pertemuan sebelummya, capaian kinerja dalam penyerapan anggaran 2018 di setiap OPD, secara umum dinilai kurang maksimal, walaupun diantaranya sudah ada yang menggembirakan.

Menanggapi hal tersebut, Gubernur Sulbar Ali Baal Masdar kembali menyoroti capaian kinerja OPD yang kurang maksimal dalam penyerapan anggaran 2018. Sehingga menurutnya, hal tersebut sebagai gambaran bahwa OPD tidak bekerja maksimal. "Capain kinerja 2018 ini kenyataannya belum memenuhi harapan, padahal sudah jelas tugas dan fungsi masing-masing OPD, jadi tidak ada alasan untuk tidak bekerja maksimal"tandas Ali Baal
Walapun demikian, lanjut Ali Baal, kekurangan dalam pencapaian kinerja tersebut, dapat diperbaiki ke depan agar lebih baik. Agar permasalahan capaian kinerja tersebut tidak terulang lagi, pria yang akrab disapa ABM ini meminta kepada Sekprov Sulbar Muhammad Idris, agar membuat kartu kendali penggunaan anggaran untuk setiap program kegiatan agar bisa dijadikan sebagai patokan untuk bahan evaluasi ke kedepan" ujarnya

Terkait pelaksanaan rapat, Gubernur menyampaikan apresiasinya kepada Sekprov atas inisiatifnya mengadakan agenda rapat seperti itu, bahkan Ia menilai kegiatan itu sebagai langkah maju bagi lingkup Pemprov Sulbar.
Wakil Gubernur Sulbar, Enny Anggraeni Anwar pada kesempatan tersebut menghimbau, agar OPD memanfaatkan waktu yang tersisa di 2018 ini, untuk merealisasikan capaian kinerja yang ditargetkan.

"Capaian kinerja di atas 90 persen yang targetkan OPD di akhir tahun ini, mudah-mudahan dapat tercapai,"harap Enny
Enny juga menekankan, agar tercipta sinergitas antar OPD, terutama jika ada program kegiatan yang memiliki saling keterkaitan di antara OPD.

"Saya minta mari bersinergi dan kerja keroyokan jika ada kegiatan yang salin terkait, jika tidak apa yang kita programkan tidak akan terlaksana dengan baik," tutur Enny
Sekprov Sulbar, Muhammad Idris menekankan, bahwa arahan dan masukan yang diberikan Gubernur dan Wakil Gubernur tersebut, dapat dijadikan rekomendasi untuk perencanaan dan pelaksanaan kerja di 2019.

Untuk itu, Idris berharap rapat tersebut tidak hanya dijadikan untuk membicarakan masalah target capai kinerja, namun bagaimana kedepan bisa lebih bersemangat bekerja.
Ia menambahkan, di awal 2019 yang akan datang terdapat beberpa hal perlu dibicarakan, diantaranya kepatuhan terhadap SOP, kendala awal dari program strategis dan terkait kedisiplinan ASN

Read 1701 times Last modified on Rabu, 16 Januari 2019 10:15
(0 votes)