22 Sep 2021

Rapat Optimalisasi Kepengurusan Baznas Sulbar

 

Rapat Optimalisasi Kepengurusan Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Sulbar, berlangsung di Kantor Merah Putih Gubernur Sulbar, Selasa, 21 September 2021.

Rapat tersebut dipimpin langsung Gubernur Sulbar, Ali Baal Masdar, didampingi Asisten I Bidang Pemkesra Setda Sulbar Muh. Natsir.

Pada pertemuan itu, Gubernur Sulbar, Ali Baal Masdar berharap,  rapat tersebut bisa menentukan beberapa komponen yang ingin dicapai, seperti percepatan pembentukan panitia seleksi rekrutmen Pengurus Baznas.

"Hal ini perlu dilakukan agar nanti Pengurus Baznas bisa bekerja dengan baik, proporsional dan memiliki integritas di dalam mempertanggungjawabkan dana Muzakki yang ada di Sulbar ini,"ucap Ali Baal

Kemudian, kedua adalah melakukan revisi terhadap Peraturan Gubernur (Pergub) tentang tata cara pemungutan zakat, infaq dan sedekah, yang mana jika dilihat substansi dari Pergub itu masih dirangkumkan.

"Jadi memang  2018 itu, kita sudah sepakati bahwa Unit Pengumpul Zakat (UPZ) ini kita memberikan surat kuasa kepada bendahara untuk memotong langsung gaji Aparatur Sipil Negara (ASN) di lingkup Pemprov Sulbar. Namun, selama ini kita ingin melihat sudah berapa banyak Organisasi Perangkat Daerah (OPD) yang taat pada Pergub ini,"tutur Ali Baal

Sementara itu, mengenai penetapan besaran zakat, Ali Baal menyatakan, dalam hal itu akan dilihat dari berapa besaran penghasilan ASN.

Ali Baal juga menaruh harapan untuk Tim UPZ, agar tidak hanya yang benar-benar mengerti tentang zakat tapi juga tentang pengelolaan keuangan, sebab menyangkut uang yang dikelola dari para Muzakki dan untuk meningkatkan kepercayaan masyarakat harus bagus pelaporannya.

Asisten I Bidang Pemkesra Setda Sulbar, Muh. Natsir  mengatakan, Bank Sulselbar memiliki peran penting dalam memudahkan manajemen dan pemungutan zakat yang lebih intensif, sehingga perlu mengatur kapasitasnya di dalam Baznas.

"Karena gaji ASN yang ada di daerah berpusat di Bank Sulselbar, maka perlu diatur kapasitas Bank Sulselbar di dalam Baznas ini,"kata Natsir 

Turut hadir dalam rapat tersebut,  Kepala Kanwil Kemenag Sulbar Muflih B. Fattah, Kepala Biro Hukum Setda Sulbar Arianto, Kepala Biro Tapem dan Kesra Setda Sulbar Moh. Saleh Rahim dan undangan lainnya. (Ayu)

 

Read 174 times
(0 votes)