09 Apr 2020

Kadis Dukcapil Sulbar Gelar Video Conference Bersama Dirjen Dukcapil Kemendagri

Kadis Kependudukan dan catatan Sipil Sulbar, Ilham Borahima melakukan Video Conference bersama Dirjen Dukcapil DR Zudan Fahrullah pada hari Kamis 9 April 2020. 

Pada Video Conference, Ilham menyampaikan apa apa saja yang yang perlu dilakukan di setiap daerah masing masing. Salah satu yang disampaikan oleh   Dirjen Dukcapil DR Zudan tentang pencegahan dan penanganan Covid 19. 

Antara lain khususnya tentang pelayanan publik yang harus tetap berjalan dengan memprioritaskan keselamatan dengan strategi sosial distancing seperti dengan jarak dan penggunaan masker dan hand sanitizer.  juga mengatakan pelayanan publik dapat dilakukan dengan sistem online untuk menghindari pelayanan dengan sistem antrian.

"Langkah penting dalam strategis pelayanan dukcapil gunakan sistem digitalisasi dan paling penting tidak ada yang melakukan pungli dan jika ada oknum yang melakukan pungli segera menindaklanjuti ,Ujarnya. 

Selain itu,  Dirjen juga mengharapkan  agar setiap daerah untuk membuat implementasi SOP pelayanan publik yang jelas dan pasti seperti kepastian waktu dan kepastian tempat serta pengambilan dokumen dan umumkan dokumen yang sudah selesai pastikan tidak ada suket.

Kedepan akan dijadwalkan pada  minggu depan Video Conference per Provinsi dan meminta staf yang akan bekerja di kantor dapat pastikan dalam keadaan sehat serta  menggunakan termometer, lakukan absen melalui aplikasi .

Bukan hanya itu  akan ada pemotongan  DAK sebesar 40 Milyar untuk kegiatan non fisik, anggarkan mesin admnistrasi untuk pemberian data pilkada cukup nama dan NIK saja yang bisa diberi ke KPUD masing-masing, ujar Ilham yang mengatakan siap dalam penanganan Covid Sulbar  

Akibat berlakukakan di Jakarta pembatasan sosial berskala besar maka untuk  pengiriman blanko ke pemprov sulbar kedepan memanfaatkan kerjasama dengan kantor perwakilan Jakarta sulbar yang ada dijakarta, Imbuh Ilham saat usai VC Bersama Dirjen Dukcapil Kemendagri

 

 

Read 719 times Last modified on Kamis, 09 April 2020 14:23
(0 votes)