19 Jul 2021

TERAPKAN SIMFONI ARSIP

Jumlah opd provinsi sulawesi barat berjumlah 35 yang rata-rata setiap harinya menciptakan arsip. dari laporan hasil pengawasan kearsipan tahun 2020 yang dilakukan oleh Arsip Nasional Republik Indonesia terhadap tata kelola kearsipan pada Pemerintah Provinsi Sulawesi Barat, menempatkan Provinsi Sulawesi Barat dengan nilai c dengan predikat kurang.

Selain itu tata kelola kearsipan pemerintah berbasis elektronik, menjadi salah satu indikator penilaian keberhasilan pelaksanaan program sakip dan reformasi birokrasi. dengan demikian, tidak ada pilihan lain bagi pemerintah daerah selain mempercepat implementasi sistem pemerintahan berbasis elektronik.

Seiring dengan kemajuan teknologi, kecepatan pengelolaan dan layanan kearsipan memiliki peranan yang sangat penting dalam mendukung administrasi pemerintahan. pemanfaatan teknologi menjadi hal yang tidak dapat lagi dihindarkan, terutama dalam menghadapi pandemi covid-19 seperti yang terjadi saat ini. kegiatan perkantoran yang dilakukan dengan sistem work from home (wfh) menuntut agar layanan administrasi pemerintahan tersebut dilakukan secara elektronik (online) dengan memanfaatkan teknologi.

Untuk menjawab kebutuhan-kebutuhan tersebut, melalui proyek perubahan Kepala Dinas Perpustakaan Dan Kearsipan Daerah Provinsi Sulawesi Barat ibu dra. darmawati, mm. pada Pendidikan Dan Pelatihan Kepemimpinan Tk. Ii Angkatan Ix Pusat Pelatihan Dan Pengembangan Dan Kajian Manajemen Pemerintahan  Lembaga Adimistrasi Negara Republik Indoonesia, yang menginisiasi “Terapkan Simfoni Arsip Melalui Kolaborasi Stakeholder Dengan Mentransformasi Pengelolaan Layanan Administrasi Kearsipan Manual Menjadi Digital Untuk Pengolahan Arsip  Yang Moderen, Akuntabel, Mudah, Cepat, Efektif, Efisien, Dan Lebih Ramah Lingkungan”.

Proyek Perubahan Tersebut Mengambil Strategi Peningkatan Kualitas Tata Kelola Kearsipan Melalui Pengelolaan Dan Pelayanan Administrasi Kearsipan Berbasis Elektronik Dengan Menggunakan :

           Aplikasi Srikandi Untuk Pengelolaan Arsip Dinamis, Dan

           Aplikasi Siks Untuk Pengelolaan Arsip Statis

Harapannya dengan terimplementasikannya proyek perubahantersebut, akan terwujud tata kelola pemerintahan yang bersih, efektif, transparan, dan akuntabel melalui pengelolaan dan layanan administrasi kearsipan dinamis dan statis secara elektronik yang terpadu sebagai bagian dari penerapan spbe bidang kearsipan di lingkungan pemerintah Provinsi Sulawesi Barat yang nantinya akan terintegrasi dengan pusat data nasional, sehingga akan memudahkan komunikasi dan koordinasi antar instansi pemerintah, dan memudahkan publik untuk mengakses informasi kearsipan yang diperlukan.

 

 

Read 115 times Last modified on Selasa, 14 September 2021 12:16
(0 votes)