07 Mar 2017

Downhill Race Salah Satu Wadah Perangi Narkoba

Open Tournament Celebes Pra Series Downhill Race secara resmi, Jumat, 3 Maret 2017

Pj. Gubernur Sulbar, Carlo B Tewu mengemukakan, Ia selaku Kepala Pemerintah Daerah memberikan apresiasi kepada panitia penyelenggara  yang sudah berinisiatif dalam penyelenggaraan olahraga Downhill pertama di Provinsi Sulbar, apalagi antusias berbagai daerah diluar Sulawesi Barat sangat besar.  Terbukti, dari 54 peserta yang ikut ambil bagian dalam ajang tersebut berasal dari berbagai daerah seperti Provinsi Bali, Bandung, Jakarta, Surabaya, Kaltim, Palu dan Makassar turut meramaikan momen tersebut.

“Olahraga ini bisa lebih dikembangkan, sehingga generasi muda dapat menyalurkan bakatnya dibidang sepeda gunung. Selain itu, masyarakat dapat teralih dari kegiatan negatif, utamanya penyebaran narkoba, “jelas Carlo.

Jenderal bintang dua tersebut juga mengiginkan kegiatan tersebut bisa ke jenjang yang lebih besar seperti Tour The Celebes yang dimulai dari ujung Utara Sulawesi sampai Selatan.

“ Kalau semua stakeholder dapat bekerja sama,  kegiatan tersebut dapat terlaksana.”  ungkap Carlo.

Kapolda Sulbar, Brigjen Pol Nandang mengatakan, kegiatan tersebut merupakan upaya mencegah penggunaan narkoba bagi generasi muda dan juga pembinaan mental kepada masyarakat yang sehat dan memiliki keterampilan, serta menjadi suatu kebanggaan tersendiri bagi masyarakat yang memiliki kualitas dalam bersepeda.

Lebih lanjut Nandang mengemukakan, secara tidak langsung pihak kepolisian bertanggung jawab atas keamanan kegiatan tersebut, terutama kegiatan yang berada di jalan umum, sudah menjadi kewajiban bagi kepolisian untuk memberikan pengamanan, adapun kelancaran pertandingan sepenuhnya tugas dari panitia pelaksana termasuk pengamanan rute pertandingan.

“ Kegiatan tersebut merupakan salah satu upaya mencegah pengguanaan narkoba bagi generasi muda, dikarenakan seorang olahragawan sangat tidak mungkin menggunakan narkoba.” tandas Nandang sekaligus membuka dengan resmi acara tersebut.

Ketua Manakarra  Cyling Comuniti ( MCC )  Sulawesi Barat, Aladin S Mengga mengatakan,  tujuan diadakannya kegiatan tersebut tidak lain dalam rangka membina mentalitas para pecinta sepeda, sekaligus memerangi penyalah gunaan narkoba yang sedang marak.

Aladin menambahkan, kegiatan tersebut merupakan  salah satu penyaluran bakat,  bagi generasi muda Provinsi Sulawesi Barat.  Tidak hanya  itu, Ia memperkenalkan Komunitas Android yang bergerak di bidang Ilmu Teknologi ( IT ),  dimana komunitas tersebut berperan aktif memberikan sosialisasi bahaya narkoba ke sekolah-sekolah yang ada di Kabupaten Mamuju,  selain itu komunitas tersebut turut andil  dalam suksesnya kegiatan Celebes Pra Series Dwonhill Race.

“ Harapan kami kedepan downhill ini bisa berkembang secara terus menerus dan dapat mengajak anak-anak kita, teman-teman kita di Provinsi Sulbar. Mudah-mudahan ada yang bisa berkiprah ditingkat nasional,  dan saya juga mengucapkan terima kasih kepada para peserta yang datang dari luar mamuju, provinsi Sulawesi barat ini.  kami sangat berapresiasi dan berterima kasih mereka jauh datang untuk memeriahkan acara ini, dan acara tersebut sudah teregistrasi dan akan ada seri-seri berikutnya.” Ungkap Nandang.

Pada kegiatan tersebut diikuti 54 orang  terdiri dari tujuh kelas berdasarkan umur,  junior 18 tahun kebawah, mein sport 19-29 tahun, master  A  30 – 35 tahun, master B 36 – 39 tahun dan master C 40 tahun keatas. Tidak hanya itu  women open diatas 15 tahun turut meramaikan kegiatan tersebut.

Kegiatan downhill race tersebut berlangsung selama tiga hari dimulai dari tanggal 3 – 5 Maret 2017, dihadiri Pj. Gubernur Sulbar, Carlo B Tewu, Kapolda Sulbar, Brigjen Pol. Nandang, Danrem 142 Tatag Eko Tandyo Budi turut diikuti Dandim 1418 Mamuju, Imran, Kapolres Mamuju Rifai, Kadis Pemuda Olahraga  Sulbar, Herdin Ismail dan Wakil Gubernur Sulawesi barat priode 2011-2016,  Aladin S Mengga bersama istri

 

Read 906 times
(0 votes)
  1. Popular
  2. Recent
  3. Comments