01 Agu 2024

Peringatan Dini Cuaca dan Iklim Provinsi Sulbar Dasarian I Agustus 2024

 

Mamuju-Berdasarkan surat Peringatan Dini Cuaca dan Iklim Provinsi Sulawesi Barat (Sulbar) Periode Dasarian I Agustus 2024 pada tanggal 31 Juli 2024 Stasiun Meteorologi Tampa Padang dan BMKG Wilayah IV Makassar, Plt. Kepala Pelaksana (Kalaksa) BPBD Sulbar, Muhammad Yasir Fattah menyampaikan, saat ini indeks ENSO berada pada kondisi Netral (+0.11), dan diprediksi kondisi Netral berpotensi menuju La Nina mulai periode Agustus 2024. 

 

Sedangkan kondisi IOD berada pada status Netral, diprediksi IOD Netral akan berlangsung pada periode Agustus 2024 hingga Januari 2025. Monsun Australia diprediksi terus aktif hingga Dasarian II Agustus 2024 dengan intensitas sama dengan klimatologisnya.

 

Hingga Dasarian III Juli 2024 terdapat ZOM (Zona Musim) yang telah memasuki musim kemarau meliputi Kabupaten Majene bagian Selatan dan Polewali Mandar bagian Barat sedangkan sisanya masih berada pada musim hujan.

 

Prakiraan Cuaca 10 Harian :

a. Prakiraan Cuaca tanggal 01 Agustus 2024 berpotensi hujan sedang hingga lebat di wilayah Kabupaten Majene (Malunda dan Ulumanda), Kabupaten Mamuju (Bonehau), dan Kabupaten Mamuju Tengah (Topoyo dan Tobadak).

b. Prakiraan Cuaca tanggal 02 Agustus 2024 berpotensi hujan sedang hingga lebat di wilayah Kabupaten Mamuju (Mamuju, Tapalang, Bonehau dan Kalumpang), dan Kabupaten Mamuju Tengah (Karossa, Tobadak, dan Topoyo). 

c. Prakiraan Cuaca tanggal 04 Agustus 2024 berpotensi hujan sedang hingga lebat di wilayah Kabupaten Mamuju (Bonehau), Kabupaten Mamasa (Aralle, Buntumalangka, dan Tabulahan), dan Kabupaten Mamuju Tengah (Topoyo dan Karossa).

d. Prakiraan Cuaca tanggal 05 Agustus 2024 berpotensi hujan sedang hingga lebat di wilayah Kabupaten Mamasa (Aralle, Mambi, Mehalaan, Bambang, Buntumalangka, dan Tabulahan).

e. Prakiraan Cuaca tanggal 07 Agustus 2024 berpotensi hujan sedang hingga lebat di wilayah Kabupaten Polewali Mandar (Polewali, Binuang, Wonomulyo, Anreapi, Matakali, dan Tapango), Kabupaten Mamuju (Tommo), Kabupaten Mamuju Tengah (Tobadak).

f. Prakiraan Cuaca tanggal 08 Agustus 2024 berpotensi hujan sedang hingga lebat di wilayah Kabupaten Mamuju (Simboro, Tapalang, dan Tapalang Barat).

g. Prakiraan Cuaca tanggal 09 Agustus 2024 berpotensi hujan sedang hingga lebat di wilayah Kabupaten Mamuju (Mamuju, Kalukku, Bonehau, dan Kalumpang), Kabupaten Majene (Malunda), dan Kabupaten Mamasa (Mamasa, Tabulahan, Aralle, Buntumalangka, Mambi, Bambang, dan Rantebulahan Timur). 

h. Prakiraan Cuaca tanggal 03, 06, 10 Agustus 2024 potensi hujan sedang hingga lebat (Nihil).

 

Peringatan Dini Curah Hujan Tinggi Dasarian I Agustus 2024 (tanggal 01 s.d 10 Agustus 2024) secara akumulasi dasarian tidak ada potensi curah hujan tinggi namun terdapat potensi curah hujan sedang hingga lebat harian. 

 

“Peringatan dini cuaca dan iklim sangat penting untuk mengantisipasi potensi bencana alam yang dapat terjadi di wilayah Sulbar,” kata Yasir Fattah, Kamis 01 Agustus 2024.

 

Stasiun Meteorologi Tampa Padang dan BMKG Wilayah IV Makassar akan terus merilis informasi peringatan dini cuaca dan iklim untuk membantu pemerintah daerah dan masyarakat Sulbar dalam mengantisipasi bencana. Yasir Fattah mengajak semua pihak untuk mengakses informasi melalui situs resmi BMKG secara teratur.

 

“Pusdalops BPBD Sulbar tetap melakukan pemantauan dan terus akan melakukan update data terkait kondisi cuaca dengan berkoordinasi dengan Stasiun Meteorologi Tampa Padang dan BMKG Wilyah IV Makassar,” tutupnya.

 

Penulis : BPBD Sulbar 

Editor : humassulbar

Read 375 times
(1 Vote)