27 Apr 2024

Pelaksanaan PKP Angkatan IV 2024 Masuk Hari Ke Delapan, Peserta PKP Sedang Lakukan Pembelajaran Mandiri

 

Mamuju-Pelaksanaan Pelatihan Kepemimpinan Pengawas (PKP) Angkatan IV Tahun 2024 telah memasuki hari ke 8 (delapan) dan saat ini para peserta sedang melakukan pembelajaran mandiri di tempat kerja masing-masing.

 

Pembelajaran mandiri dilaksanakan selama 11 (sebelas) hari kerja dan akan berakhir pada tanggal 29 April 2024.

 

Dalam pembelajaran mandiri, peserta PKP akan mempelajari materi PKP melalui modul, selanjutnya peserta akan membuat essay dari modul tersebut. 

 

Agenda tersebut diantaranya : 

 

1. Agenda kepemimpinan Pancasila dan Bela Negara.

Mata pelatihan ini membekali peserta dengan kemampuan memahami dan mengaktualisasi moral, etika jabatan dan etika pemerintahan, serta nilai-nilai bela negara guna mengembangkan etika, sikap dan perilaku dalam pengendalian pelayanan publik sebagai bagian dari upaya mewujudkan integritas kepemimpinan Pancasila.

 

2. Agenda kepemimpinan pelayanan.

Mata pelatihan ini membekali peserta dengan kompetensi mendiagnosis seluruh isu dalam organisasi, menentukan isu strategis unit organisasi, mengidentifikasi berbagai permasalahan yang menghambat kinerja unit organisasinya melalui penerapan teknik-teknik analisis organisasi dan merumuskan solusi atau upaya mengatasinya untuk mencapai kondisi yang diharapkan.

 

3. Agenda pengendalian pekerjaan.

Mata pelatihan ini membekali peserta dengan kemampuan menjelaskan dan menerapkan komunikasi publik yang efektif dalam menjalankan tugas dan fungsi jabatan untuk pengendalian pekerjaan menuju pelayanan publik yang optimal.

 

Tujuan MOOC sendiri adalah untuk proses menjadi organisasi pembelajar (learning organization). Kesadaran, awareness terhadap kebutuhan stakeholders dan users berkaitan dengan pelatihan yang dibutuhkan (to balance the demands of stakeholders), sehingga peserta diharapkan mampu secara sadar mengangkat isu-isu aktual yang ada pada Lingkungan kerjanya.

 

Isu-isu inilah yang harusnya menjadi acuan untuk melakukan aksi perubahan di tempat kerja masing-masing para peserta PKP.

 

Kompetensi yang dikembangkan dalam MOOC ini adalah merupakan kompetensi kepemimpinan melayani, yaitu kompetensi manajerial untuk menjamin terlaksananya akuntabilitas jabatan pengawas guna mengendalikan kegiatan pelaksanaan pelayanan publik yang dilakukan oleh pejabat pelaksana sesuai dengan Standar Operasional Prosedur (SOP).

 

Kepala BPSDMD Sulbar, Farid Wajdi di sela kesibukannya mengikuti Diklatpim I di Jakarta (27/4/2024), mengungkapkan bahwa pelayanan yang dimaksudkan ini adalah pelayanan yang berdampak serta membahagiakan masyarakat.

 

“Ini sebagai implementasi dari program prioritas Provinsi Sulawesi Barat, yang juga memberi bukti kehadiran pemerintah di tengah-tengah masyarakat," pungkasnya.

 

Penulis : BPSDMD Sulbar

Editor : humassulbar

Read 337 times
(1 Vote)