17 Feb 2022

Enny Harap Pengurus BWI Sulbar Dapat Tunaikan Amanah Sebaik-Baiknya

 

Wakil Gubernur Sulbar, Enny Anggraeny Anwar menghadiri Pengukuhan Pengurus Badan Wakaf Indonesia (BWI) Sulbar Masa Jabatan 2021-2024, Rabu, 16 Februari 2022. Bertempat di Ballroom Hotel Grand Mutiara Mamuju, Pengurus BWI Sulbar dikukuhkan oleh Wakil Ketua BWI Pusat, Yuli Yasin.

Adapun Pengurus BWI Sulbar Masa Jabatan 2021-2024, yaitu Dewan Pertimbangan, Ali Baal Masdar (Gubernur Sulbar), Muhammad Idris (Sekprov Sulbar), dan M. Muflih B. Fatta (Kakanwil Kemenag Sulbar). Ketua BWI Sulbar, M. Natsir (Inspektur Inspektorat Sulbar), Wakil Ketua, Safaruddin Sanusi DM (Kepala Balitbangda Sulbar).

Wakil Gubernur Sulbar, Enny Anggraeny Anwar berharap Pengurus BWI Sulbar dapat menunaikan amanah sebaik-baiknya, karena wakaf merupakan amanah umat yang nilai ibadahnya sangat tinggi, dan jika tersalurkan sesuai tuntunan agama akan membawa kemaslahatan bagi umat.

Selain itu, juga mendorong BWI Sulbar mengoptimalkan potensi wakaf yang ada, seperti dengan menggali wakaf dari perusahaan atau membuat CSR menjadi wakaf.

Melalui kesempatan itu, Enny menekankan tiga hal penting yang harus diperhatikan oleh Pengurus BWI Sulbar, yaitu pertama, memberdayakan harta wakaf dengan melakukan penjagaan dan perbaikan untuk melindungi harta wakaf dari kerusakan dan kehancuran, agar tetap memberikan manfaat sebagaimana yang menjadi maksud wakaf tersebut.

Kedua, melindungi hak-hak wakaf dengan melakukan pembelaan atau advokasi dalam menghadapi sengketa hukum atau penggusuran dan perampasan, demi menjaga kelestarian dan pemanfaatan wakaf untuk kesejahteraan manusia.

Ketiga, menunaikan hak-hak ma'kuf yaitu dengan menyalurkan hasil wakaf kepada yang berhak dan tidak menundanya kecuali karena keadaan darurat atau ada alasan-alasan yang dibenarkan dalam hukum Islam yang dibenarkan. 

"Penguatan kelembagaan BWI juga menjadi hal yang penting untuk dilaksanakan. Status kelembagaan BWI sebagai Lembaga Non Struktural (LNS) yang independen dalam menjalankan tugas dan wewenangnya, perlu diperkuat dengan dukungan penganggaran yang mencukupi dari APBD, namun tetap mengedepankan independensinya,"tandasnya

Diakhir sambutannya, Enny mengucapkan selamat kepada seluruh Pengurus BWI Sulbar yang baru saja dikukuhkan.

 

"Selamat bekerja, mari membangkitkan wakaf melalui BWI dan para nazhir atau pihak yang menerima harta benda wakaf dari wakif untuk dikelola dan dikembangkan sesuai dengan peruntukannya. Diperlukan pengurus yang profesional dan inovatif untuk mengoptimalkan manfaat wakaf,"tutupnya

Pada acara pengukuhan tersebut, dirangkaikan kegiatan Bimbingan Teknis dan Peningkatan Kapasitas Pengurus BWI, yang dibuka oleh Wakil Gubernur Sulbar.

Turut hadir dalam kegiatan itu, Ketua Badan Pelaksana Wakaf Indonesia Pusat, M. Nuh (secara virtual), Sekretaris BWI Pusat, Sarmidi Husnah, Wakil Ketua DPRD Sulbar, Abdul Rahim, Staf Ahli Bidang Kemasyarakatan dan SDM, Darmawati, serta undangan lainnya. (ian)

Read 574 times Last modified on Kamis, 17 Februari 2022 19:30
(0 votes)
  1. Popular
  2. Recent
  3. Comments