Print this page
18 Sep 2019

Dinas Kominfo Gelar Serah Terima Jabatan Kepala Dinas Komunikasi Informatika Persandian dan Statistik Sulbar

Dinas Kominfo Persandian dan Statistik menggelar lepas sambut sekaligus serah terima jabatan antara mantan kepala Dinas Kominfo, Muzakkir Kulasse yang kini menjabat sebagai staf Ahli bidang pemerintahan, hukum dan politik menyerahkan tugasnya  kepada Kadis Kominfo Safaruddin yang sebelumnya menjabat sebagai sekwan DPRD Sulbar. Serah terima tersebut di dampingi Sekdis Kominfo Sulbar Andi Yasin, para kepala bidang lingkup dinas Kominfo serta para staf di ruang kerja Kadis Kominfo, Rabu 18 September 2019. 

Dalam rekam jejak Muzakkir merupakan pejabat yang senior yang telah memiliki banyak pengalaman dalam pemerintahan sekaligus telah banyak jabatan yang pernah diembannya. Beliau pernah menjabat sebagai kepala Dinas baik di kabupaten Mamuju  dan pada akhirnya memilih berkiprah di lingkup pemerintah Provinsi Sulbar dan pernah menduduki jabatan sebagai kepala dinas Pendidikan Sulbar, Kepala dinas Olahraga Sulbar dan jabatan sebagai sekwan di DPRD Sulbar pun pernah dijabatnya.

Tahun 2017 pemerintah provinsi Sulbar kembali membentuk nomenklatur dengan membentuk  Dinas Kominfo persandian dan statistik Sulbar yang dulunya bergabung dengan  dinas perhubungan.  Muzakkir kembali dipercayakan untuk mengelola dinas Kominfo,persandian dan statistik yang baru saja berdiri tersebut. Tak tanggung tanggung lelaki kelahiran 1961 ini berhasil menahkodai dinas kominfo dan tepat tiga tahun tahun masa jabatannya, pelantikan dan pengambilan sumpah digelar. Gubernur Sulbar Alibaal Masdar tepatnya  pada tanggal  11 September 2019 melantik 15 orang pejabat eselon II lingkup pemprov Sulbar.

Muzakkir yang juga mendapat amanah baru kini menjabat sebagai staf ahili bidang pemerintahan, hukum dan politik dan memberikan amanahnya tersebut kepada Safaruddin sebagai kadis Kominfo persandian dan statistik Sulbar.

Dalam lepas sambut, Muzakkir menyampaikan bahwa jabatan dalam mutasi adalah lumrah terjadi, apalagi kami di eselon II siap ditempatkan dimana saja,ujar Muzakkir. 

Selain itu Muzakkir menjelaskan terkait gambaran umum kondisi kantor, jumlah pegawai, keuangan, aset serta bidang-bidang yang ada di Dinas Kominfo.Salah satunya adalah bidang layanan E Government yang memiliki staf yang telah ahli di bidangnya  dan Bidang IT yang tentunya keduanya harus singkron dalam bekerja.   

"Apalagi saat ini program Marasa yang terkait dengan visi dan misi gubernur dan wakil Gubernur, yakni internet masuk desa telah berjalan dan nantinya akan dilanjutkan oleh pimpinan baru dan tentunya akan bekerjasama dengan bidang-bidang terkait. 

"hanya itu yang bisa saya sampaikan dan tak lupa saya mengucapkan terima kasih kepada seluruh jajaran baik kabid dan staf yang selama ini telah banyak membantu saya selama menjabat di dinas Kominfo Sulbar.

Usai Muzakkir memberikan sambutan, kadis Kominfo Safaruddin menyampaikan hal senada terkait dirinya yang menjabat sebagai kadis kominfo Sulbar. Dalam penyampaiannya, Safaruddin menuturkan bahwa secara pribadi muzakkir adalah  sahabat lama sekaligus saudara dan saya sudah menganggap beliau adalah orangtua saya dan perlu diketahui bahwa beliau adalah senior yang sudah lama malang melintang berkarir dan telah banyak jabatan yang diembannya. Antara lain sebagai kepala dinas pendidikan,kadispora,sekwan dan jabatan di kabupaten pun pernah didudukinya,ujar Safar. 

Disampaikan Safar bahwa jalur jaabatan beliau juga telah saya lalui yakni pernah menjabat sebagai sekwan di DPRD Sulbar. Sehingga pada hari ini, bukan hanya sekadar serah terima jabatan saja akan tetapi komunikasi yang selama ini telah lama terbangun akan berlanjut dengan beliau.

"Organisasi tidak akan bisa berdiri sendiri tanpa adanya komunikasi yang baik dengan jajaran yang ada. Apa yang telah ditanamkan beliau yang sudah bagus kita lanjutkan dan apa yang belum dilaksanakan kita rencanakan sesuai tahapan tahapan yang kita lanjutkan bersama .Tentunya itu tidak akan bisa terjadi kalau tidak ada dorongan-dorongan dari kawan-kawan dari eselon III, eselon IV dan staf semua yang ada dinas kominfo dan tak lepas dari arahan dan bimbingan beliau sebagai pejabat yang pernah melalui dinas kominfo, tutur Safar.

"Kakanda Muzakkir, tetap kami dipantau jangan kami dilepas, bahwa kami belum punya pengalaman tentang dinas ini. Jadi ada hal-hal yang diluar daripada jalur atau ketidakmampuan kami , mohon kami diarahkan, itu adalah harapan kami, ujar mantan Sekwan ini. 

Adapun hal lainnya adalah, bagaimana terkait Sumber daya manusia (SDM)  dan lainnya sesuai tugas tugas yang ada dinas ini. Saya juga belum tahu tupoksi masing masing, namun nantinya kita akan perkuat  setelah adanya pertemuan agenda rapat membhas tugas dan fungsi masing- masing. Tupoksi kita jalankan, tanpa teman-teman  saya tidak bisa berbuat banyak serta tanpa ada masukan dan saran dari semua kepala bagian tanpa terkecuali, semua tidak akan berjalan dengan baik. 

Namun ada  jenjang-jenjang harus kita lalui, ada yang langsung tetapi itu perlu diklarifikasi. Organiasasi itu tentunya ada bidang dan dibawahi seksi dan berjenjang sehingga jika ada persoalan harus kita duduk bersama. 

Selain itu, kominfo adalah salah satu dinas yang ditunjuk untuk bisa menjadi lebih baik sesuai harapan pimpinan baik Gubernur, wagub, sekda dan anggota DPRD.  Kominfo harus bekerja keras  menjadi kedepan untuk membangun jaringan IT di semua OPD sesuai harapan pimpinan dan kominfo harus menjadi teladan dan  contoh bagaimana mempercepat SDM IT dan lain-lainnya. 

Masih katanya, seperti dibidang layanan E Government itu diharapkan tidak lagi ada OPD yng berjalan sendiri tentang IT kita harus sentralisasi dinas Kominfo. Itupun kita harus duduk bersama membahas apa saja langkah langkah dan upaya baik dalam jangka pendek,menengah dan panjang . "Saya harapkan bukan di opd saja, tetapi bagaimana dienam kabupaten ini bisa bersinergitas, sehingga 6 kabupaten bisa terbentuk kerjasama yang baik nantinya. 

Ditambahkan Safar bahwa dirinya datang disini menjabat sebagai kadis, meninginkan agar bisa bersama-sama dengan beliau serta tetap mengontrol. Pasalnya  banyak hal yang masih belum kami ketahui dan  kami minta arahan dan masukannya, tetap ada untuk kominfo .Organisasi ini tidak bisa  berdiri sendiri dan begtupun dinas kominfo yang harus  memiliki kesatuan yakni adanya kebersamaan. Insya allah kita akan perbaiki dan kita bangun komunikasi yang baik. kita meletakkan pondasi kominfo ini dan saya ucapkan terimakasih atas pengabadian kakanda Muzakkir di dinas kominfo, kita bersama-sama bagian dari kominfo. Dilanjutkan dengan tandatangan serah terima jabatan dan berlanjut dengan doa bersama  serta dilanjutkan dengan foto bersama pimpinan,jajaran  kabid dan staf dinas Kominfo,persandian dan statistik Sulbar. .   

 

 

 

 

 

Read 1539 times Last modified on Rabu, 18 September 2019 15:17
(0 votes)