14 Jun 2022

Menata Ulang Wisata Karampuang, Akmal: Perlu Ruang Terbuka Publik

 

Pj Gubernur Sulbar, Akmal Malik kembali mengunjungi Wisata Karampuang, menindaklanjuti rencana pembenahan infrastruktur di Wisata Karampuang. 

Karenanya, Kunjungan Pj Gubernur turut membawa dinas terkait serta mengundang Kepala Desa Karampuang untuk melakukan diskusi pembenahan Pulau Karampuang. 

Akmal mengaku, setelah dua kali mengunjungi Pulau Karampuang, dia pun melihat satu sisi kelemahan di Pulau itu, yakni tidak adanya ruang publik.

Menurutnya, ruang terbuka publik di kawasan wisata memiliki citra yang lebih menarik bagi pengunjung. Selain menjadi sarana rekreasional namun tetapi juga membantu perekonomian daerah. Ruang terbuka publik harus ditunjang fasilitas yang baik hingga aktivitas yang beragam. "Kalau sekarang (di Wisata Karampuang,red) mana ruang terbuka publiknya? Tidak ada, wajar kalau kurang pengunjung," tutur Akmal. 

Sebaliknya, di Wisata Karampuang, saat lepas dari Dermaga langsung diperhadapkan dengan aktivitas penjualan. Ditambah jalan yang sempit. Kawasan lainnya hanya ada pepohonan yang tidak tertata dengan rapi. 

Untuk itu, hemat Akmal, untuk penempatan jual-beli akan dibuat area khusus di bagian belakang ruang terbuka hijau. Sementara ruang terbuka hijau yang ada saat ini akan diperluas dengan memanfaatkan lahan pemkab Mamuju yang telah dibebaskan seluas 50x100 meter. 

"Ini rencana kita bersama Danlanal Mamuju dan Korem 142 Tatag, dan nanti juga mengajak Pemkab Mamuju, mencoba untuk membenahi tempat wisata, " ujar Akmal. 

Karenanya, usai dari Karampuang akan melakukan diskusi dengan Pemkab Mamuju, agar bersama-sama menata ulang Wisata Karampuang. 

Jelasnya, lanjut Akmal, dalam menata ruang terbuka publik tidak merusak pepohonan yang ada di Karampuang. Selain itu, tidak merugikan masyarakat setempat. (rls)

Read 223 times Last modified on Selasa, 14 Jun 2022 09:56
(0 votes)