01 Jun 2022

Akmal: Wisata Butuh Pembenahan Infrastruktur dan Perda Soal Kuliner

 

Pariwisata salah satu sektor terdampak selama masa pandemi covid-19. Namun , dengan pelonggaran perjalanan dalam dan luar negeri, maka harus menjadi peluang mendorong sektor wisata di daerah. 

Penjabat Gubernur Sulbar Akmal Malik pun berkomitmen membangkitkan sektor wisata di Sulbar. Saat berkunjung ke Pulau Karampuang, Sabtu, 1 Juni 2022, Ia menilai masih kekurangan infrastruktur. 

"Infrastruktur harus kita benahi," ujar Akmal. 

Untuk itu, Ia akan menggandeng pihak investor untuk melakukan sentuhan, memperbaiki infrastruktur di Karampuang sehingga dapat meningkatkan pengunjung ke Wisata Karampuang. Dengan begitu juga dapat membangkitkan pelaku usaha di daerah. 

"Kalau itu dilaksanakan (Pembenahan Infrastruktur, akan banyak aktifitas penyewaan perahu ke Karampuang," ujar Akmal. 

Perda Pengelolaan Kuliner

Pj.Gubernur Sukbar, Akmal Malik bersama rombongan tiba di Karampauang, warga setempat menyambut hangat dan menyajikan kuliner Sulbar, Jepa

Akmal menyebutnya Jepa Golla, karena memang Jepa yang Ia cicipi dicampur dengan gula merah. Dan menurutnya makanan khas daerah harus dikenal lebih luas. 

"Enak sekali, bagi saya kuliner seperti itu harus diperkenalkan kepada publik," ujar Akmal. 

Akmal mengatakan, beberapa hotel yang ia kunjungi di Mamuju tidak menyajikan makanan lokal. Untuk itu, ia menyarankan Pemda kabupaten membuat perda tentang kuliner, agar makanan khas daerah disajikan atau dijual di hotel. 

"Tapi bukan hotel yang bikin kuliner, tetapi masyarakat, agar ada kolaborasi UMKM dan hotel .Dan beberapa hotel di Indonesia sudah berjalan seperti itu, Mamuju perlu mengadopsi itu, " tandasnya.(rls)

Read 129 times Last modified on Rabu, 01 Jun 2022 15:01
(0 votes)