25 Apr 2022

Enny: Dengan Otoda, Daerah Diberikan Kewenangan Kelola Keuangan Sendiri

 

Wagub Sulbar, Enny Anggraeny menghadiri  Peringatan  Hari Otonomi Daerah ke XXVI tahun 2022 melalui video conference di Tribun Upacara Kantor Gubernur , Senin 25 april 2022.

Wagub Sulbar, Enny Anggraeny mengatakan, dengan adanya Otonomi Daerah telah diberikan kewenangan kepada daerah untuk mengelolah keuangan sendiri,dimana dalam pengelolaan Pendapatan Asli Daerah ada plus minusnya

Ia juga tetap menekankan tetap menerapkan protokol kesehatan terhadap kegiatan-kegiatan yang dilaksanakan sehingga tidak terjadi ledakan Covid-19.

Sekjen Kemendagri , Suhajar Diantoro membacakan sambutan Mendagri, Tito Karnavian, menyampaikan,  selama 26 tahun usai ditetapkannya otonomi daerah, telah memberikan beberapa dampak positif kepada daerah.

Hal tersebut disampaikan oleh Sekretaris Jenderal Kemendagri Suhajar Diantoro saat membacakan sambutan Tito pada acara Peringatan Hari Otonomi Daerah ke 26 tahun 2022 pada hari ini.

"Setelah 26 tahun berlalu otonomi daerah telah memberikan dampak positif dibuktikan dengan adanya percepatan pembangunan yang ditandai dengan meningkatnya angka indeks pembangunan manusia, bertambahnya pendapatan asli daerah dan kemampuan fiskal daerah," kata Suhajar.

Selain memberikan dampak positif, kata Suhajar, berdasarkan data juga menunjukkan bahwa filosofis dari tujuan otonomi daerah belum sepenuhnya mencapai hasil yang diharapkan.

"Berdasarkan data dari Ditjen Keuangan Daerah Kemendagri selama kurun waktu tersebut terdapat beberapa daerah yang memiliki PAD dibawah 20 persen,  dan menggantungkan keuangannya pada pemerintah pusat melalui transfer ke daerah melalui dana desa TKDD.

Hal ini tentunya menjadi sangat ironis mengingat kewenangan telah diberikan kepada daerah sementara keuangan masih tergantung pada pemerintah pusat,"sebut Suhajar

Ia juga menyampaikan apresiasi terimakasih kepada daerah-daerah otonomi baru yang telah berhasil meningkatkan pendapatan asli daerah dan kemampuan fiskalnya. (jemmi)

Read 615 times
(0 votes)
  1. Popular
  2. Recent
  3. Comments