28 Mar 2022

Gubernur Ali Baal: Musrenbang Harus Hadirkan Proses Perencanaan Pembangunan Efektif

 

Gubernur Sulawesi Barat (Sulbar) Ali Baal Masdar, menghadiri sekaligus membuka Pelaksanaan Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) Kabupaten Majene, yang berlangsung di Aula Tammajarra Gedung LPMP Majene, Senin, 28 Maret 2022.

Gubernur Sulbar, Ali Baal Masdar mengemukakan, pertemuan tersebut dinilai sangat strategis, dikarenakan salah satu momen tahapan penting dalam proses perencanaan pembangunan, dalam rangka menyusun rencana kerja pemerintah daerah khususnya di Kabupaten Majene dapat berjalan sesuai harapan.

Ali Baal menekankan, pelaksanaan Musrenbang tentunya harus mampu menghadirkan proses perencanaan pembangunan yang efektif, efisien, partisipatif, dan akuntabel, sehingga bermuara pada tercapainya dokumen perencanaan yang semakin berkualitas dan mampu menyelesaikan berbagai permasalahan serta tantangan pembangunan yang semakin kompleks ke depan.

"Kita masih diperhadapkan banyak permasalahan, diantaranya masalah kemiskinan, kualitas daya manusia, angka stunting yang masih tinggi, penyediaan infrastruktur yang belum optimal ditambah lagi saat ini kita juga masih dalam upaya pemulihan akibat dampak dari pandemi Covid-19 dan pasca gempa bumi, serta berbagai permasalahan lainnya yang membutuhkan intervensi dan kontribusi dari seluruh pihak,"kata Ali Baal

Pada kesempatan itu, Ali Baal menyampaikan mengenai capaian pembangunan pada lima misi Gubernur dan Wakil Gubernur Sulbar. Ia mengatakan, hal tersebut telah menunjukkan perkembangan yang cukup baik, dimulai dari membangun Sumber Daya Manusia (SDM) berkualitas, berkepribadian dan berbudaya, mewujudkan pemerintahan yang bersih modern dan terpercaya, dilanjutkan dengan membangun dan menguatkan konektivitas antar wilayah berbasis keunggulan strategis. Disusul dengan meningkatkan pertumbuhan ekonomi yang inovatif dan berdaya saing tinggi, serta mendorong pengarusutamaan lingkungan hidup untuk pembangunan berkelanjutan.

"Dalam kurun waktu hampir lima tahun pelaksanaan RPJMD Provinsi Sulbar tahun 2017-2022 telah banyak capaian pembangunan yang kita rasakan. Kami juga telah memastikan bahwa 90 persen janji kerja telah mendapat intervensi kebijakan program dan anggaran,"sebutnya 

Bupati Majene, Andi Achmad Sukri Tammalele menyampaikan terkait isu strategis pembangunan Kabupaten Majene tahun 2023, yaitu akselerasi inklusivitas pertumbuhan ekonomi melalui penguatan ekonomi kerakyatan menuju Majene yang unggul dan mandiri.

Selain itu, Pemkab Majene mewujudkan prioritas daerah tahun 2023 yaitu penguatan ekonomi kerakyatan yang berbasis potensi lokal, peningkatan produktivitas hasil pertanian, dilanjutkan pengembangan industrialisasi agribisnis dan teknologi serta peningkatan produktivitas dan industrialisasi produk.

"Kami mengharapkan dukungan dalam membangun bersama Kabupaten Majene yang kita cintai ini, yang mana dalam RPJMD 2021-2026 Kabupaten Majene isu strategis yang menjadi dasar penentuan program dan kegiatan adalah percepatan pencapaian SPM, pemulihan ekonomi dampak pandemi Covid-19, modernisasi tata kelola pemerintahan serta pengembangan kapasitas SDM dan kualitas infrastruktur,"ujarnya 

 

Kepala Bappeda Majene, Andi Adlina Basharo sekaligus selaku Ketua Panitia Musrenbang mengatakan, tujuan dilaksanakannya kegiatan tersebut untuk mendapatkan saran, masukan dan komitmen para pemangku kepentingan, untuk bahan perbaikan dan penyempurnaan rancangan akhir Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) Kabupaten Majene tahun 2023, yang menjadi pedoman penyusunan rancangan Renja perangkat daerah ke depan.

"Maksud diselenggarakannya kegiatan ini adalah menampung berbagai masukan dan usulan dari stakeholder dalam rangka penajaman penyerahan dan penyempurnaan rancangan RKPD Kabupaten Majene tahun 2023,"bebernya

Turut hadir dalam kegiatan itu,Bupati Majene, Andi Ahmad Syukri, Anggota DPR RI yang juga Ketua TP. PKK Sulbar, Ny. Andi Ruskati Ali Baal, Ketua DPRD Majene, Salmawati, Sekprov Sulbar, Muhammad Idris, unsur Forkopimda Kabupaten Majene, para Staf Ahli, Asisten, pimpinan OPD lingkup Pemprov Sulbar dan Kabupaten Majene, para Tenaga Ahli Gubernur Sulbar, jajaran Pengurus TP. PKK Sulbar dan TP. PKK Majene, dan undangan lainnya. (farid)

Read 548 times
(1 Vote)
  1. Popular
  2. Recent
  3. Comments