15 Des 2021

Cuaca Ekstrem, Gubernur Imbau selalu Waspada

 

Menghadapi kondisi cuaca buruk di akhir tahun ini, Gubernur Sulawesi Barat Ali Baal Masdar mengimbau seluruh masyarakat selalu waspada. Kepada instansi yang bertugas di bidang penyelamatan dari bencana, BPBD Provinsi dan BPBD Kabupaten, serta Basarnas, Gubernur mengingatkan selalu siaga dan mempersiapkan kebutuhan untuk memberi pertolongan kepada masyarakat yang tertimpa bencana. 

"Saya mengimbau seluruh masyarakat selalu waspada menghadapi kondisi cuaca sekarang, untuk mencegah terjadinya korban. Saya berharap juga kepada instansi yang bertugas untuk penyelamatan dari bencana, supaya selalu siaga dengan mempersiapkan kebutuhan untuk memberi pertolongan kepada masyarakat," katanya. 

Diketahui, Badan Meteorologi, Klimatlogi dan Geofisika (BMKG) memberikan warning atau peringatan akan adanya cuaca ekstrem pada Desember ini hingga Februari 2022. "Prediksi BMKG, terutama pada bulan Desember ini dan Januari-Februari 2022, mungkin intensitas (cuaca) ekstrem akan meningkat," ujar Kepala BMKG Dwikorita Karnawati pada konferensi pers virtual melalui kanal YouTube BMKG, 8 Desember lalu. 

Cuaca ekstrem akhir tahun 2021 berupa curah hujan tinggi di atas normal, terjadinya La Nina, hingga angin monsun Asia. Tingginya curah hujan di atas normal, seringkali memicu terjadinya berbagai bencana, seperti banjir dan tanah longsor. Terjadinya angin kencang berkorelasi juga terhadap adanya gelombang tinggi. 

Kepada para nelayan, Gubernur Ali Baal Masdar mengimbau supaya lebih berhati-hati dengan cuaca ekstrem dan gelombang tinggi. Jangan memaksakan diri melaut dengan kondisi cuaca seperti sekarang. Masyarakat yang berdomisili di pesisir pantai diimbau selalu waspada terhadap fenomena ombak tinggi. Sedangkan yang berada di sekitar lereng gunung, supaya waspada terhadap longsor. Yang berada di sekitar aliran sungai, perlu waspada dengan luapan sungai. 

"Mari selalu berdoa kepada Allah SWT supaya kita dijauhkan dari musibah. Mudah-mudahkan cuaca segera kembali normal, masyarakat bisa kembali bekerja dengan tenang, dan kita bisa meminimalkan dampak cuaca ekstrem," imbuhnya. 

Rabu 15 Desember, Gubernur Ali Baal Masdar memberi petunjuk kepada Kepala BPBD Sulbar Amri Ekasaksi supaya selalu siaga dan segera memberi perhatian terhadap kondisi akibat cuaca ekstrem. "Segera koordinasi dengan Basarnas dan (BPBD) kabupaten memberi perhatian terhadap dampak cuaca ekstrem."

Gubernur menegaskan pentingnya peranan semua pihak bersungguh-sungguh menjaga keamanan hutan dan memelihara lingkungan dari kerusakan yang makin parah. (rls)

 

Read 444 times
(0 votes)
  1. Popular
  2. Recent
  3. Comments