02 Mei 2017

Hardiknas Memperkuat Komitmen Seluruh Insan Pendidikan

Dalam momentum  Peringatan Hari Pendidikan Nasional (Hardiknas) yang rutin dilaksanakan setiap  tahun,   memiliki tujuan memperkuat komitmen seluruh insan pendidikan akan penting dan srategisnya pendidikan bagi perdaban dan daya saing bangsa.Hal itu diungkapkan Penjabat Gubernur Sulbar, Carlo B Tewu saat menyampaikan sambutan seragam Menteri Pendidikan dan Kebudayaan RI pada Upacara Peringatan Hari Pendidikan Nasional yang berlangsung di Lapangan Upacara Kantor Gubernur Sulbar, Selasa, 2 Mei 2017.

“Momen ini juga  mengingatkan kembali kepada seluruh insan pendidikan  akan filosofi perjuangan Kihadjar Dewantara  dalam meletakkan dasar dan arah pendidikan bangsa serta peningkatan rasa nasionalisme dikalangan insan pendidikan,”kata Carlo B Tewu

Carlo menyampaikan,  aset terbesar negara Indonesia bukan hanya kekayaan tambang, gas dan  miyak bumi, tetapi manusia Indonesia sebagai generasi bangsa yang cerdas serta beriman, yang mampu merubah perwajahan Indonesia dengan konsep “ avokasionalnya” dalam   mengembangkan kualitas Indonesia,  salah satunya dengan peringatan Hardiknas melalui tema  percepat pendidikan  yang merata dan berkualitas.

Lebih lanjut, Carlo yang kini  menjabat sebagai Deputi V Bidang Kamtibmas Kemenkopolhukam tersebut juga mengemukakan,  pendidikan harus dipandang sebagai ikhtiar  kolektif seluruh bangsa. Oleh karena itu, pendidikan tidak bisa dipandang  sebagai sebuah program semata, kiranya semua elemen masyarakat dapat terlibat demi mendorong pendidikan menjadi gerakan semesta, yaitu gerakan yang melibatkan seluruh elemen bangsa.
“ Tanggung jawab pendidikan itu bukan saja menjadi  tanggung jawab pemerintah, tetapi seluruh masyarakat  oleh karena itu dalam kesempatan nanti,  para pemangku kepentingan agar bagaimana menciptakan suatu konsep keterlibatan masyarakat dalam pendidikan secara keseluruhan,”  lelaki kelahiran Minahasa tersebut.
Bukan hanya itu, Carlo yang beberapa waktu lalu berkunjung ke Pulau Balabakang sangat miris melihat sekolah disana yang sangat jauh dari kelayakan. Sehingga dengan adanya kunjungan dengan bupati mamuju dan seluruh stakeholder terkait, maka  untuk memperbaiki mutu pendidikan, Carlo telah melakukan koordinasi untuk bisa memberikan bantuan yang nantinya bisa digunakan untuk perbaikan gedung sekolah disana, Ujarnya. 
Pada Upacara hardiknas tersebut, juga dirangkaikan dengan penyerahan simbolis SK kenaikan pangkat periode april 2017 lingkup Pemprov Sulbar, masing-masing Yakob F Solong  yang juga menjabat sebagai Kepala Dinas Pariwisata,  Bulkis jabatan guru pertama, dan Awaluddin Staf Tata Usaha. Selanjutnya SK pengangkatan CPNS ke PNS, golongan III Nur Wahida Bakri,  unit kerja SMKN 1 Mamuju, golongan II Nur Hafni SMKN 1 Rangas  Mamuju
Kepala Dinas Pendidikan Provinsi Sulawesi Barat, Andi Sukri menyampaikan, pada prinsipnya Dinas Pendidikan sangat  mendukung program Gubernur Sulbar dalam meningkatkan mutu pendidikan melalui program pengembangan pemerataan pendidikan terutama di bidang-bidang terkait seperti tingkat sekolah menengah keatas (SMA)  dan sekolah menegah kejuruan (SMK).
“Mutu pendidikan Sulbar dalam waktu dekat  akan  lebih ditingkatkan , termasuk pematangan guru dan pendirian sekolah-sekolah, termasuk rencana pendirian SMA, SMK  di Pulau Balabalakang yang   akan dimulai pada tahun 2018 mendatang.  Untuk  permasalahan  guru honorer saat ini masih dalam tahap verifikasi diawali  SK Bupati terlebih dahulu. Harapan kita kedepan supaya mutu pendidikan lebih ditingkatkan lagi,” kata Sukri Tammalele
Selain dihadiri Penjabat Gubernur Sulawesi Barat Carlo B Tewu, Upacara Hardiknas juga dihadiri Ketua DPRD Sulbar, Andi Mappangara, Sekrov Sulbar Ismail Zainuddin, Kasrem 142 Tatag, Supriatno, Asisten Tata Praja, Nur Alam Tahir, Kabid Humas Polda Sulbar Mashura, Kasdim 1418 Mamuju, Ismail, para Kepala OPD Lingkup Pemprov Sulbar dan undangan lainnya.

Read 1014 times
(0 votes)
  1. Popular
  2. Recent
  3. Comments