08 Nov 2021

Dorong Pelestarian Lingkungan, Gubernur Sulbar Himbau Masyarakat Dusun Buku Jaga Kelestarian Lingkungan

 

Gubernur Sulbar Ali Baal Masdar melakukan pertemuan dengan masyarakat Dusun Buku, Kecamatan Mapilli, Kabupaten Polewali Mandar, Selasa 9 November 2021. Pertemuan tersebut, dalam rangka Bimbingan Teknis Pengelolaan Wisata Tanjung Buku.

Gubernur Sulbar, Ali Baal Masdar, pada kesempatan itu menghimbau masyarakat di sekitar Pantai Tanjung Buku, Kecamatan Mapilli, agar bersama-sama mendorong pelestarian lingkungan.

"Kita harus bergerak ke arah yang lebih maju, demi menjaga lingkungan kita menjadi lebih baik," ujar Ali Baal

Tak hanya persoalan lingkungan, Ali Baal juga mendorong agar Tanjung Buku menjadi Wisata Bahari. 

Menurut Ali Baal, Tanjung Buku memiliki potensi wisata yang besar kedepan. Untuk itu, Ia berharap tentunya kekompakan masyarakat setempat untuk dapat memperhatikan lingkungan dengan melakukan penanaman Mangrove dan menjaga fasilitas yang Ada. 

"Tanjung ini butuh perhatian dan pemeliharaan, yang tidak hanya dari pemerintah melainkan juga dari kesadaran masyarakat sekitar. Dan yang penting juga, menjaga terumbu karang dan padang lamun sebagai tempat makhluk hidup di laut,"sebut Ali Baal

Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan Sulbar, Fadly Syamsuddin mengatakan, pihaknya telah mendorong agar para nelayan turut aktif melakukan event yang bisa mendatangkan wisatawan, seperti lomba katinting dan lomba yang bermuatan mengangkat sisi kebaharian Sulbar.

"Wisatawan mancanegara sudah pernah sampai di sini. Ini menjadi dasar kalau ini berpotensi kita kelola,"ungkapnya

Pengurus Kelompok Tani Mase-Mase Kelurahan Lantora, Busman Arif berterima kasih kepada Gubernur Sulbar yang telah menyempatkan diri untuk hadir di Tanjung Buku. 

Busman menyampaikan, masih banyak potensi usaha masyarakat yang belum tersentuh, termasuk budidaya rumput laut.

"Kami butuh tambahan bibit, karena jujur tahun ini kelompok tani kami di sini mengalami gagal panen disebabkan tercemarnya Sungai Lantora. Itu perlu dibenahi dulu,"katanya

Turut hadir dalam pertemuan itu, beberapa Kepala OPD Lingkup Pemprov Sulbar, para Tenaga Ahli Gubernur Sulbar dan undangan lainnya. ( farid) 

 

 

 

Read 457 times
(0 votes)
  1. Popular
  2. Recent
  3. Comments