04 Nov 2021

Gubernur Sulbar : PKK Ujung Tombak Program Pemerintah

 

Gubernur Sulbar Ali Baal Masdar bersama Ketua TP. PKK Sulbar Ny. Andi Ruskati Ali Baal, menghadiri Puncak Peringatan Hari Kesatuan Gerak (HKG) PKK ke-49 Tahun, Kamis 4 November 2021.

Berlangsung di Gedung Serbaguna Rujab Gubernur Sulbar, Peringatan HKG PKK tahun ini mengangkat tema 'Keluarga Pelopor Perubahan Menuju Indonesia Maju'.

Dalam sambutannya, Gubernur Sulbar, Ali Baal Masdar mengucapkan terima kasih kepada  TP. PKK atas sumbangsihnya kepada Sulbar. 

"Inilah bukti pengabdian PKK kepada daerah kita. PKK adalah ujung tombak program pemerintah, karena jika melihat dari capaian gerakan PKK di Sulbar, maka tidak sia-sia dengan dukungan yang telah diberikan,"ucap Ali Baal

Pada kesempatan yang sama, Gubernur Ali Baal membuka Pencanangan Bulan Bhakti Gotong Royong Tahun 2021. Sehubungan hal tersebut, Ia berharap dengan kegiatan itu dapat meningkatkan kepedulian dan peran serta masyarakat, berdasarkan semangat kebersamaan, kekeluargaan, dan kegotongroyongan.

Olehnya itu,  Ali Baal mengajak semua tamu undangan yang hadir dalam kegiatan tersebut untuk melestarikan budaya gotong royong sebagai budaya asli bangsa Indonesia.

Ketua TP. PKK Sulbar, Ny.Andi Ruskati Ali Baal mengatakan, kegiatan itu merupakan salah satu momentum yang sangat mendasar. Selain itu, juga memiliki arti penting dan strategis dalam mewujudkan 10 program pokok PKK. 

Disampaikan, peringatan HKG PKK memberikan penegasan bahwa gerakan PKK dikelola dari, oleh dan untuk masyarakat, serta dilaksanakan oleh seluruh komponen bangsa dalam satu kesatuan tujuan yaitu masyarakat yang berdaya dan sejahtera.

"Setiap perayaan yang dilakukan dalam memperingati HKG PKK harus mampu menumbuhkan semangat yang menggelora. PKK juga sebagai tim kerja harus cerdas (cekatan, empati, responsif, disiplin, amanah dan semangat),"pungkasnya

Andi Ruskati juga menyampaikan, pelopor perubahan memberi makna bahwa PKK melalui TP. PKK dan kader yang tersebar di seluruh wilayah Sulbar hendaknya tahu, mau dan mampu menjadi garda terdepan dalam mewujudkan keluarga berkualitas pada seluruh aspek kehidupan, terutama aspek moral, pendidikan, kesehatan, sosial, budaya, ekonomi dan lingkungan hidup.

"Makna lainnya, bahwa gerakan PKK bukan semata-mata untuk menjadikan keluarga sebagai obyek atau sasaran program pemerintah, akan tetapi gerakan yang mampu menginisiasi dan mendorong keluarga-keluarga di Sulbar melakukan perubahan menuju kehidupan masyarakat yang lebih baik, sebagaimana tujuan pembangunan provinsi ini,"ungkap Andi Ruskati

Lebih lanjut, disampaikan, PKK sebagai motor penggerak memberdayakan masyarakat secara keseluruhan, sehingga bersama mewujudkan gerakan Indonesia maju. 

Melalui kesempatan itu, Ia mengajak segenap Pengurus TP. PKK provinsi dan kabupaten untuk menjadikan organisasi PKK sebagai organisasi ladang berkah dan amal, sebagai media untuk membangun daerah.

"Teruslah bersemangat, jangan kendor di tengah jalan, buktikan bahwa kita bisa dan mampu memberikan yang terbaik untuk kemajuan daerah,"ajak Andi Ruskati

Turut hadir pada Puncak Peringatan HKG PKK ke-49, Sekprov Sulbar Muhammad Idris, Ketua Dharma Wanita Persatuan (DWP) Sulbar Ny. Kartini Hanafi Idris, Ketua Jalasenastri Deasy Temmy Irawan, Direktur Analisis Dampak Pengendalian Penduduk BKKBN Pusat, para Pengurus TP. PKK provinsi dan kabupaten, serta Kepala OPD lingkup Pemprov Sulbar. (Ayu)

 



Read 300 times
(0 votes)
  1. Popular
  2. Recent
  3. Comments