Print this page
07 Okt 2021

Wagub Sulbar : Perlu Strategi Efektif Dorong Tamu Nusantara Berwisata di Sulbar

 

Wakil Gubernur Sulbar, Enny Anggraeny Anwar, membuka acara Karya Kompetisi Ekonomi Sulawesi Barat (KKE-Sulbar), secara virtual melalui video conference dari Rumah Jabatan Wakil Gubernur Sulbar, Kamis 7 Oktober 2021.

Kegiatan yang diinisiasi oleh Bank Indonesia bersama Dinas Pariwisata tersebut, mengusung tema “Panorama Sulawesi Barat Undiscovered Treasure".

Wakil Gubernur Sulbar, Enny Anggraeny Anwar mengatakan, Pemprov Sulbar menyambut baik kegiatan itu karena sektor pariwisata sangat terdampak oleh pandemi Covid-19. Untuk itu, berbagai upaya perlu dilakukan membangkitkan sektor tersebut.

Enny menyatakan, penyelenggaraan panorama Sulbar undiscovered treasure dapat menjadi katalis positif dalam mempercepat promosi destinasi pariwisata Sulbar. Olehnya itu, Ia berharap seluruh masyarakat berpartisipasi aktif dalam kegiatan itu. 

"Saya yakin selain mempromosikan destinasi pariwisata melalui kompetisi ini, juga akan muncul potensi-potensi content creator lokal yang ada di Sulbar. Hal ini juga bisa mendukung pemulihan ekonomi Sulbar melalui pengembangan sektor ekonomi kreatif,"ujar Enny

Disampaikan, berdasarkan data BPS Sulbar, rata-rata dari indikator penghunian kamar hotel hanya sebesar 30,96 persen. Dari indikator lain, kedatangan wisatawan asing turun signifikan hingga mencapai 0 (nol) kedatangan sejak Maret 2020 lalu. 

"Praktis, yang bisa diharapkan untuk mendorong sektor pariwisata adalah wisatawan domestik. Apabila dilihat dari indikator rata-rata lama menginap, tamu nusantara menghabiskan waktu selama 1,99 hari di sepanjang 2020,"ungkap Enny

Sehubungan hal tersebut, Enny menekankan, perlu strategi yang efektif, efisien dan tepat untuk mendorong tamu nusantara berwisata di Sulbar.

"Jika dilihat dari destinasi yang dimiliki, Sulbar memiliki berbagai potensi dan keindahan alam yang bisa menjadi daya tarik untuk wisatawan. Apabila kita ingin melihat pantai nan indah, saya rasa dengan panjang garis pantai sebesar 617,5 km, terdapat banyak wisata pantai yang bisa kita lihat. Disisi lain, Kabupaten Mamasa juga menawarkan destinasi pariwisata dataran tinggi yang tidak kalah menarik untuk dikunjungi,"bebernya

Melalui kesempatan itu, Enny menyampaikan ucapan terima kasih atas sinergi yang kuat untuk penyelenggaraan kegiatan itu, secara khusus kepada Kantor Perwakilan Bank Indonesia Sulbar, Dinas Pariwisata di tingkat provinsi maupun kabupaten dan seluruh pihak yang terlibat. 

"Saya yakin Sulbar dapat bangkit dan lebih kuat lagi kedepannya melalui sinergi yang dilakukan baik di tingkat pemerintah daerah, instansi vertikal dan masyarakat,"pungkasnya (Ian)

 

 

 

 

Read 546 times
(0 votes)