21 Sep 2021

Sekprov Sulbar Hadiri Sidang Majelis Sinode AM XX GTM

 

Sekprov Sulbar Muhammad Idris, didampingi  Kepala BPSDM Sulbar, Yacof F Solon, menghadiri Sidang Majelis Sinode AM XX Gereja Toraja Mamasa (GTM), yang berlangsung di Aula Klasis Lakahang, Kecamatan Tabulahan, Kabupaten Mamasa, Senin 20 September 2021.

Sidang Majelis Sinode AM XX GTM merupakan sidang lima tahunan dan kali ini mengusung tema"Aku Adalah Alfa dan Omega" dengan sub tema"Bersama-sama Memelihara Keutuhan GTM, Mensukseskan Program Sentralisasi, Menghadirkan Keadilan, Menanggulangi Radikalisme dan Memelihara Lingkungan Hidup".

Sekprov Sulbar Muhammad Idris, pada kesempatan itu menyampaikan mengenai tiga isu global,  yang mana menurutnya, Gereja harus turut mengambil peran atau hadir di situ. Ketiga isu itu adalah human rights (hak-hak warga), demokrasi dan lingkungan.

"Gereja, untuk menjadi excellent service  kuncinya adalah, tidak boleh lagi membina ummat hanya dengan biasa-biasa saja,"kata Idris 

Idris juga menyampaikan, bangsa dan negara ini hanya bisa maju dengan moderasi keagamaan, yaitu memelihara kesatuan dan persatuan hanya bisa dimulai young generation dan dibina oleh yang hadir hari ini. 

Mengenai tema yang diusung dalam kegiatan itu, Idris menilai tema itu luar biasa dan menurutnya dalam hal itu yang paling menarik  adalah bagaimana menurunkan pada sub tema, yang terdiri dari empat hal yang ingin dikedepankan di forum tersebut, pertama, bagaimana bersama-sama memelihara keutuhan dari GTM. Kedua, memelihara lingkungan hidup. Ketiga, hal-hak warga negara dan keempat, bagaimana kehadiran pemerintah. 

 

"Kehadiran pemerintah itu tugasnya hanya ada tiga, yakni memastikan perlindungan kepada warga negara, service function (fungsi pelayanan), dan fungsi pemberdayaan,"ungkap Idris

Terkait lingkungan hidup, Idris mengajak para jemaat, pimpinan gereja untuk menjadikan Sulbar  bisa mengedepankan pengelolaan dan pemikiran terhadap lingkungan hidup.

"Mengapa lingkungan hidup? karena sustainable development. Jangan bicara masa depan tapi kita lalai terhadap lingkungan,"tandasnya

Untuk diketahui, sebanyak 580 gereja yang ada dipersekutuan GTM, dengan 150 ribu ummat/jemaat, dan 300 pendeta. (hamzah)

 

Read 312 times
(0 votes)
  1. Popular
  2. Recent
  3. Comments