Print this page
15 Sep 2021

Pengembangan Infrastruktur Trasportasi Di Sulbar Dapat Dukungan Anggaran Dari Kemenhub RI

 

Gubernur Sulbar, Ali Baal Masdar didampingi Asisten II Bidang Perekonomian dan Pembangunan Setda Sulbar, Junda Maulana dan Kepala Dinas Perhubungan Sulbar, Maddareski Salatin, melakukan audiensi bersama Menteri Perhubungan RI, Budi Karya Sumadi, Dirjen Perhubungan Darat, Budi Setiyadi, Direktur Kepelabuhan, Ir. R. Agus H. Purnomo, secara virtual di Kantor Merah Putih Gubernur Sulbar, Selasa 14 September 2021.

Audiensi bertujuan dalam rangka membahas percepatan pengembangan pembangunan infrastruktur transportasi darat, udara dan laut di Sulbar, seperti Terminal Tipalayo Polewali Mandar, Terminal Simbuang Mamuju, penambahan fasilitas untuk Bandara Tampa Padang Mamuju, serta percepatan dukungan pembangunan pelabuhan di Pasangkayu dan di Pulau Salissingan.

Dalam audiensi, upaya percepatan pengembangan pembangunan infrastruktur transportasi tersebut mendapat respon dari Kementerian Perhubungan RI. Melalui Dirjen Perhubungan Darat Budi Setiyadi mengatakan, beberapa terminal di Sulbar, seperti di Tipalayo, Simbuang mendapatkan dukungan penganggaran pada APBN Tahun 2022 kurang lebih Rp. 19 miliar secara keseluruhan. 

Sedangkan, untuk Pelabuhan Pasangkayu yang dibawah koordinasi Pelabuhan Belang-Belang kurang lebih Rp. 21 miliar yang direncanakan pada Tahun 2022 dengan dukungan-dukungan lain, terutama pada Pelabuhan Salissingan yang saat ini sementara proses pembangunan dengan biaya keseluruhan Rp. 65 miliar secara bertahap dengan multiyer 2021-2022.

Kemudian, pengembangan Bandara Tampa Padang Mamuju direncanakan ada tambahan anggaran untuk perampungan fasilitas, utamanya penempatan terminal baru di bandara tersebut.

Kepala Dinas Perhubungan Sulbar, Maddareski Salatin berharap hal itu dapat ditindaklanjuti sehingga fasilitas sarana dan prasarana sektor perhubungan pada umumnya dapat terpenuhi, yang tentunya kedepan akan dapat meningkatkan pertumbuhan ekonomi khususnya kesejahteraan masyarakat.

Pada audiensi tersebut, juga membahas mengenai pembentukan Balai Transportasi Darat di Sulbar dan juga sektor kepelabuhanan yang mengirim migran Indonesia. (desi)

 

 

 

Read 905 times
(0 votes)