02 Jul 2021

Juli, Sulbar Siap Ekspor 12 Ribu Ton Cangkang Sawit Ke Jepang

 

Gubernur Sulbar Ali Baal Masdar, menerima kunjungan Wakil Ketua I DPRD Sulbar, Usman Suhuriah, Wakil Ketua III DPRD Sulbar, Abd. Rahim, Kepala Pelabuhan Kelas III Belang-Belang Mamuju, Capt. Kristina Anthon dan Kepala Karantina Pertanian Mamuju, Agus Hariono, Kamis 1 Juli 2021, di Kantor Merah Putih Gubernur Sulbar.

Dalam pertemuan itu, membahas kesiapan perencanaan ekspor cangkang sawit sebanyak 12 ribu Ton ke Jepang melalui Pelabuhan Kelas III Belang -Belang, Mamuju. Diketahui, bahwa cangkang sawit asal Sulbar tersebut siap diekspor pada pertengahan Juli 2021.

Gubernur Sulbar Ali Baal Masdar mengatakan, pertemuan tersebut perlu ditanggapi secara positif dan diapresiasi guna membangkitkan perekonomian Sulbar lebih cepat, sehingga mobilisasi peredaran barang yang ada di Pelabuhan Belang-Belang perlu mendapatkan dukungan dari seluruh stakeholder terkait.

"Saya sangat mengapresiasi pertemuan pada sore hari ini, dan saya berharap adanya dukungan penuh dari seluruh stakeholder terkait, baik dari pihak pelabuhan maupun dari Balai Pertanian untuk terus menyukseskan ekspor komoditas pertanian, dengan tujuan agar Sulbar semakin maju dan Malaqbiq, "sebut Ali Baal

Kepala Karantina Pertanian Mamuju, Agus Hariono mengatakan, terdapat 12 ribu Ton cangkang sawit akan diekspor menuju Negeri Sakura, yang akan dilaksanakan pada pertengahan Juli tepatnya 15 Juli mendatang. Untuk itu, gubernur selaku kepala daerah mengundang semua stakeholder terkait untuk membicarakan persiapan ekspor keluar negeri itu.

"Perencanaan ekspor ditargetkan pada pertengahan Juli tepatnya 15 Juli 2021 dan mengekspor cangkang sawit sebanyak 12 ribu Ton,"beber Agus

Kepala Kantor Unit Kelas III Pelabuhan Belang-Belang, Mamuju, Capt. Kristina Anthon mengatakan, ekspor yang akan dilaksanakan kali ini yang keempat kalinya dan diharapkan kedepan akan ada lagi ekspor-ekspor hasil alam lainnya, sehingga PAD Sulbar juga akan semakin meningkat.

Kristina menuturkan, Pelabuhan Belang-Belang diharapkan dapat terus hadir melayani segala keinginan pemerintah daerah, terutama dari segi keluar masuknya barang melalui transportasi laut di Sulbar, sehingga perekonomian Sulbar dapat lebih meningkat dengan pesat.

"Jadi intinya, kami sangat mensupport ekspor cangkang sawit ini, Insya Allah semuanya kita akan bantu,"sebut Kristina

Dalam pertemuan itu, Gubernur Sulbar didampingi Kepala Dinas Perhubungan Sulbar, Maddareski Salatin, Kepala Dinas Sosial , Bau Akram Da'i , Kepala Dinas Tenaga Kerja, Bahtiar, Tenaga Ahli Gubernur Sulbar, M Danial , Firdaus Attawuwur. (farid) 

 

 

 

 

Read 350 times
(0 votes)