15 Jun 2021

Gubernur Sulbar Apresiasi Program DP3

 

Dalam rangka membahas program kerja Desa Peduli Pemilu dan Pemilihan (DP3), Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Sulbar, Rustang bersama komisioner lainnya melakukan audiensi dengan Gubernur Sulbar Ali Baal Masdar , Selasa, 15 Juni 2021. 

Dalam pertemuan yang berlangsung di Kantor Merah Putih Gubernur Sulbar , membahas mengenai program kerja DP3 yang akan dilaksanakan oleh KPU Sulbar kedepan, berdasarkan instruksi KPU RI.

Gubernur Sulbar Ali Baal Masdar mengemukakan, kunjungan Komisioner KPU Sulbar tersebut dalam rangka melakukan koordinasi, sekaligus menindaklanjuti surat KPU RI yang berisi perintah kepada pemerintah daerah mengenai program pendidikan pemilih untuk pemilihan pada 2024 dan Pilkada serentak kedepan.

Menurut Ali Baal, program tersebut perlu diapresiasi dan direspon dengan baik, sehingga hal itu harus secepat mungkin untuk ditindaklanjuti.

"Selaku gubernur, saya akan segera memerintahkan kepada OPD terkait atau leading sektor dalam hal ini Kesbangpol, untuk segera menindaklanjuti dengan melakukan rapat koordinasi terhadap stakeholder terkait dan sesegera mungkin dalam waktu dekat, pemerintah daerah akan menyurat kepada KPU sebagai bentuk tindaklanjut dari pada apa yang menjadi keinginan dan harapan kita bersama,"kata Ali Baal

Ketua KPU Sulbar, Rustang menyampaikan, pertemuan tersebut untuk menjalin komunikasi kepada pemerintah daerah sebelum memasuki fase kesibukan Pilkada serentak pada 2024 kedepan.

"Sebelum memasuki fase kesibukan dalam pemilihan, hal-hal yang dapat dilaksanakan adalah berupa program pendidikan pemilih bisa dilakukan lebih awal, sehingga tingkat kesibukan di tahun 2022-2023 dapat terurai,"sebutnya

Rustang menjelaskan, tujuan program pendidikan pemilih tersebut dalam rangka memberikan edukasi kepada masyarakat secara langsung, bahwa Pemilu merupakan sarana pelaksanaan kedaulatan rakyat.

"Dalam hal ini, diharapkan kepada para pemilih untuk dapat secara cerdas berdasarkan akal sehat mengunakan hak pilihnya ditingkat eksekutif dan legislatif secara bijak, bukan karena janji-janji politik maupun intimidasi, sehingga melahirkan pemimpin yang berkualitas,"tandasnya

Turut hadir dalam komisioner KPU Sulbar Farhanuddin, Sukmawati M Sila, Said Usman, Staf Ahli Gubernur Sulbar Bidang Pemerintahan, Hukum, dan Politik, Chandra Hapati Hasan, Asisten I Bidang Pemkesra, Muh. Natsir, Asisten II Bidang Ekbang, Junda Maulana, Kepala Kesbangpol Sulbar, Herdin Ismail, Tenaga Ahli Gubernur Sulbar, M. Danial dan jajaran KPU Sulbar lainnya. (farid) 

 

 

Read 267 times Last modified on Rabu, 16 Jun 2021 09:13
(0 votes)